Beranda Kepri Anambas Hati-hati!, Menjual Telur Penyu Bisa Di Pidana

Hati-hati!, Menjual Telur Penyu Bisa Di Pidana

308
0
Saat sidang berlangsung terhadap terdakwa melalui video zoom (foto dok Cabjari Natuna di Tarempa)

ignnews.id,Anambas-Pengadilan Negeri Ranai Kabupaten Natuna telah menetapkan keputusan salah seorang terdakwa yang bernama Juki alias Juk terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana “Dengan sengaja┬ámengambil dan memperniagakan telur satwa yang dilindungi”.

Menurut Kepala Cabang Kejaksaan Negeri Natuna di Tarempa, Roy Huffington Harahap,SH mengatakan, terdakwa telah ditetapkan bersalah dan di kenakan kurungan selama dua bulan dan denda Rp 5 juta.

“Terdakwa dituntut oleh penuntut umum yaitu melanggar Pasal 40 ayat (2) jo Pasal 21 ayat (2) huruf e Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 1990 tentang konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistemnya,” ungkap Roy H. Harahap selaku Kacabjari Natuna di Tarempa kepada ignnews.id melalui telepon selulernya, Sabtu (5/6/2021).

Baca Juga:  Benarkah Oknum Penyinso Hibahkan Kayunya Untuk Kepentingan Masyarakat?

Dalam keputusan hakim menyatakan bahwa memerintahkan terdakwa untuk ditahan, menetapkan barang bukti berupa lima butir telur penyu hijau, lima butir telur penyu sisik, satu karung berwarna putih, satu buah plastik berwarna hitam dirampas Untuk Dimusnahkan dan uang sejumlah Rp.800 ribu dirampas untuk negara.

“Berdasarkan sidang putusan Pengadilan Negeri Ranai Nomor perkara 20/Pid.B/LH/2021/PN Ran. Ditetapkan pada tanggal 27/5/2021,” tutup dia. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here