Beranda Daerah Kades Bayur Upaya Tingkatkan Ekonomi Warganya

Kades Bayur Upaya Tingkatkan Ekonomi Warganya

96
0
Foto Hawari selaku Kades Bayur Kecamatan Palmatak, Anambas (foto Ignnews.id)

Ignnews.id,Palmatak-Kepala Desa Teluk Bayur Kecamatan Palmatak Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) terus berupaya meningkatkan perekonomian masyarakatnya, mulai dari memberikan bantuan kepada nelayan dan petani, bahkan terus mengembangkan UMKM (Usaha Menengah Kecil Mikro).

UMKM yang terus dikembangkan adalah Usaha menjahit dan Usaha Kecil seperti Usaha Kerupuk, dan Usaha warung kecil.

“Yang terdaftar menjadi UMKM sebanyak kurang lebih 50 Orang dari 117 KK (Kepala Keluarga), dan yang baru terdaftar sebagai petani 35 orang dan nelayan sebanyak 15 orang yang baru terdaftar,” kata Hawari selaku Kepala Desa Teluk Bayur, Senin (2/11/2020).

Baca Juga:  Baznas Sulap Kandang Ayam Menjadi Rumah

Hawari yang telah menjabat sekitar dua tahun ini juga menjelaskan, terkait bantuan yang sudah diberikan kepada petani dan nelayan. Bantuan yang sudah terealisasikan pada tahun 2019 berupa mesin rumput dan bibit bagi petani. Sementara nelayan berupa Antena dan peralatan nelayan lainnya.

“Bantuan yang diberikan ini juga sesuai dengan proposal yang diajukan oleh pihak terkait sesuai dengan Dana Desa yang telah ditentukan. Untuk tahun 2020 ini bantuan bagi nelayan dan petani mungkin belum bisa kami anggarkan karena Covid saat ini,” ujar dia.

Baca Juga:  Meniti Karir Gadis Perbatasan Dengan Sejuta Pesona

Ia menambahkan, bahwa Dana Desa banyak dipangkas akibat Covid, Dana Desa yang dipangkas sebesar 310 juta selama pandemi covid-19. Jadi untuk bantuan petani dan nelayan akan di realisasikan kembali pada Tahun 2021 mendatang.

Fokus nya untuk sekarang ini adalah perekonomian masyarakat yang terdampak Covid-19. Karena sejak pandemi ini melanda, perekonomian masyarakat menjadi berdampak, bahkan sebagian usaha masyarakat banyak yang tidak berjalan.

“Harapan saya, semoga semuanya berjalan dengan lancar dan perekonomian masyarakat bisa di tangani,” harap dia. (Ririn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here