Site icon IGN News

Tekan Emisi Gas Karbon, Airnav Tanam 1.000 Pohon Nangka Di Desa Kuala Sempang Dalam Peringatan HUT Ke 12

Sekda Bintan Ronny Kartika bersama AirNav dan OPD Bintan melakukan penanaman bibit nangka kandel di halaman Desa Kuala Sempang dalam rangka menyambut HUT AirNav Indonesia ke 12, Senin (3/9/2024) foto oleh Aan

BINTAN-ignnews.id – AiNav Indonesia melakukan penanaman bibit pohon nangka sebanyak 1.000 batang di Desa Kuala Sempang, Kecamatan Seri Kuala Lobam, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau pada Selasa (3/9/2024) pagi. Penanaman bibit pohon nangka tersebut merupakan bagian dari 12.000 bibit pohon nangka yang ditanam secara serentak dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) AirNav Indonesia yang ke 12.

Penanaman bibit pohon Nangka Kandel, yang merupakan bibit unggulan ini merupakan juga bagian dari upaya AirNav membantu mengurangi emisi karbon dunia. Pohon nangka dipilih karena memiliki daya serap yang cukup tinggi terhadap gas karbon yang ditimbulkan dari energi fosil dunia.

Selain Kepulauan Riau, penanaman secara serentak juga dilakukan di 11 provinsi lainnya yaitu Riau, Sumatera Utara, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, Papua, DKI Jakarta, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali dan Sumatera Selatan yang juga menjadi tempat pusat penanaman bibit pohon nangka.

Ronny Kartika, Sekretaris Daerah (Sekda) Bintan mengatakan mengatakan jika gerakan menanam pohon di Kuala Sempang ini yang dilakukan oleh AirNAv ini sangat membantu dalam peningkatan pertanian di wilayah tersebut.

Selain itu, program AirNav dalam upaya menekan emisi karbon yang sekaligus bagian pelaksanaan tanggung jawab sosial perusahaan (TJSL) di bidang lingkungan merupakan langkah maju dalam menjaga kelestarian bumi.

“Desa Kuala Sempang merupakan salah satu desa pertanian di Bintan. Dengan adanya penanaman bibit nangka unggulan ini tentunya akan menjadi salah satu pendorong peningkatan produksi pertanian dan juga ekonomi masyarakat,” ungkapnya.

Ia mengharapkan, kegiatan yang merupakan bagian dari CSR AirNav ini dapat terus berlanjut, tidak hanya penanaman bibit saja, namun juga dapat melakukan pembinaan UMKM terkait hasil olahan produk pertanian.

“Kami juga berharap produk UMKM dapat dibantu pengembangannya menjadi lebih ahli lagi, sehingga olahan pertanian akan memberikan nilai tambah dan nilai daya saing yang lebih baik,” jelasnya.

Sementara itu, Mohammad Hatta, Kepala Desa Kuala Sempang mengucapkan rasa terimakasih atas langkah AirNav menyalurkan CSR perusahaannya dalam rangka menyambut HUT AirNav yang ke 12 pada bulan September ini. Pihaknya mengaku siap menerima penanaman bibit pohon nangka unggulan tersebut.

“Kami selaku pihak desa telah bekerjasama dengan kelompok tani (poktan) desa untuk melakukan penanaman bibit Nangka Kandel tersebut. Kami sudah menyiapkan lahan seluas 2 hektare dari 4,6 hektare lahan pertanian desa untuk ditanam bibit nangka tersebut,” jelasnya.

Selain kebun milik desa, bibit nangka akan ditanam di seputaran kantor desa yang berdekatan dengan lapangan sepakbola. Selain itu di lokasi ketiga penanaman bibit nangka juga dilakukan di Taman Rekreasi Desa.

“Kami berharap penanaman ini akan berhasil dan akan memberikan kontribusi besar bagi produk pertanian kami agar menjadi lebih unggul lagi dan memberikan kontribusi bagi pendapatan masyarakat,” katanya.

Penanaman bibit nangka ini, sambungnya, juga sejalan dengan langkah pihak desa yang telah melakukan peningkatan kapasitas masyarakat dalam pelatihan pengolahan pertanian.

“Kami juga beberapa waktu lalu telah mengirim beberapa warga untuk pelatihan pengolahan buat menjadi keripik dan sebagainya di Malang, Jawa Timur. Pada pelatihan tersebut, olahan nangka juga menjadi salah pelatihan yang ternyata sejalan dengan program AirNav ini,” ungkapnya.

Kedepannya, ia berharap program AirNav Indonesia dapat berlanjut di wilayahnya dan dapat membantu pengadaan peralatan dan pelatihan pengolahan nangka di Kuala Sempang. (Aan)

Exit mobile version