Bumil Tak Perlu Repot Ngurus Dokumen Usai Persalinan

banner 120x600

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Natuna Ilham Kauli usai menandatangani Kerjasama dengan Klinik Bidan Ana

Ignnews.id, Natuna – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Natuna terus melakukan inovasi dalam mempermudah pelayanan administrasi kependudukan bagi masyarakat.

Salah satunya dengan memberikan kemudahan bagi para Ibu Hamil (Bumil) setiap mengurus akte kelahiran anak sejak lahir ke dunia hingga tercatat langsung pada Kartu Keluarga (KK).

“Selama ini kita terus menjalin kerjasama dengan Klinik Bidan Ana, dalam mempersiapkan dokumen mulai ibu mulai melahirkan mulai dari akte kelahiran, Kartu Identitas Anak (KIA) hingga Kartu Keluarga,” kata Kadisdukcapil Natuna Ilham Kauli usai menandatangani kerjasama dengan Klinik Bidan Ana. Kamis (12/9/2024).

Dikatakannya, kerjasama ini bertujuan agar mempermudah pelayanan administrasi kependudukan bagi ibu melahirkan. Sekaligus syarat dalam pengurusan dokumen yang diperlukan untuk pelayanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

“Dengan adanya dokumen yang telah disiapkan bagi ibu melahirkan, setidaknya mempermudah proses jaminan kesehatan yang akan diterima bagi ibu dan anak,” ungkapnya.

Ilham menegaskan, bahwa pelayanan administrasi kependudukan bagi ibu melahirkan tersebut tidak dipungut biaya sama sekali alias gratis.

“Jadi kerjasama antara Disdukcapil Natuna dengan klinik Bidan Ana dalam mempersiapkan dokumen bagi kelahiran anak hingga penerbitan KK seluruhnya gratis,” ujarnya.

Hal senada disampaikan pemilik Klinik kebidanan, Ana Kurniah kerjasama ini bertujuan untuk mempermudah para ibu-ibu yang melahirkan dalam mengurus dokumen anak.

“Alhamdulillah, dengan adanya kerjasama ini para ibu-ibu melahirkan tidak perlu repot-repot lagi mengurus dokumen dengan mendatangi kantor Disdukcapil, tapi kita akan menyiapkannya terlebih dahulu,” pungkasnya. Laporan (Hardiansyah).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *