Bersama BPPW Kepri, Pemkab Lingga Ground Breaking Optimalisasi SPAM di Kecamatan Singkep Pesisir

banner 120x600

Bupati Lingga, M. Nizar meletakkan batu pertama pembangunan SPAM di Kecamatan Singkep Pesisir dalam kegiatan Ground Breaking Optimalisasi. (Foto/Istimewa)

 

IGNNEWS.ID, LINGGA- Pemerintah Kabupaten Lingga bersama Balai Prasarana Pemukiman Wilayah (BPPW) Kepri Ground Breaking Pekerjaan Optimalisasi Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di Kecamatan Singkep Pesisir Kabupaten Lingga.

Program National Urban Water Supply Project (NUWSP) Tahun 2023 merupakan upaya pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR untuk memenuhi kebutuhan air bersih di wilayah pesisir meliputi Desa Kote, Desa Lanjut, Desa Sedamai, Desa Persing,Desa Berindat dan juga melayani Desa Tanjung Harapan dan Kelurahan Sungai Lumpur untuk wilayah Kecamatan Singkep.

“Tidak hanya membangun nantinya juga diberikan bantuan operasional dan rehabilitasi (OPOR) di SPAM Kecamatan Singkep Pesisir ini,” kata Bupati Lingga, M Nizar dalam sambutannya saat kegiatan, Jumat (14/07/2023).

Untuk SPAM di Kecamatan Singkep Pesisir target sambungan rumah, berjumlah 1.530 sambungan yang akan terlayani. Jumlah ini, terdiri 457 sambungan dibiayai APBN dan 1.073 sambungan dari APBD Kabupaten Lingga.

Pekerjaan SPAM yang dilakukan ini meliputi kegiatan untuk sistem produksi, perpipaan jaringan distribusi hingga pemasangan sambungan ke rumah masyarakat. Pemasangan ini tidak dipunggut biaya atau gratis.

“Masyarakat yang mendapat sambungan rumah dari program ini, akan mejadi pelanggan Perumda Air Minum Tirta Lingga dan nantinya pelanggan tersebut tentu saja harus mengikuti aturan yang yang ada di Perumda Air Minum Tirta Lingga sebagai operator air bersih,” terang Nizar.

Nizar juga memberikan apresiasi kepada masyarakat atas dukungan terhadap program ini yang cukup baik. Hal ini dilihat dari beberapa lokasi yang dihibahkan oleh masyarakat dan pihak desa/ kelurahan untuk mendukung program ini.

“Adapun sharing dari APBD kabupaten Lingga adalah untuk sambungan ke rumah,” imbuh Nizar.

Hadir dalam kegiatan Kasatker BPPW Kepri Syafrudin,ST.M.Ling yang diwakili
Kasi pelaksanaan wilayah II, Indra Setiady, ST dan PPK Air Minum Muhammad Fadillah ,ST.MT, Danlanal Dabo Singkep, Dan Puslatpor Dabo Perwakilan Kejari Lingga, Kadis PU Lingga, Dirut PDAM Tirta Lingga, tokoh masyarakat dan masyarakat setempat. (tengku)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *