Beranda Headline Basis Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0, Satu Solusi Di Tengah Pandemi Covid...

Basis Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0, Satu Solusi Di Tengah Pandemi Covid 19

158
0

Oleh: Desti Ramadhani Mahasiswa STAI (Sekolah Tinggi Agama Islam) Miftahul Ulum Tanjung Pinang, Semester II

Corona virus (Covid-19) merupakan suatu malapetaka bagi setiap profesi, semakin hari semakin viral dan bahkan eksis di semua kalangan dan belum menunjukan tanda-tanda untuk berakhir atau bahkan punah. Seluruh Dokter dan para medis yang ada di dunia menjadikan hari-hari mereka yang begitu melelahkan dan bahkan menakutkan pada saat ini.

Dikarenakan virus ini yang sangat menakutkan, mengerikan, dan bahkan mematikan, ratusan dan bahkan ribuan orang di belahan dunia tewas karena virus yang ganas ini.

Dampak mewabahnya virus corona kini juga dirasakan oleh dunia pendidikan. Hal ini diakui langsung oleh organisasi pendidikan. Jika kondisi ini terus meningkat, maka dipastikan dampaknyapun akan semakin meningkat.

Dan dampak yang paling di khawatirkan adalah efek jangka panjang. Tidak ada kejelasan kapan persoalan pandemik covid-19 ini akan berakhir.
Sangatlah penting untuk membekali para pendidik dengan pedagogik yang saangat terkait erat dengan pemanfaatan teknologi. Tahun 2020 ini akan menjadi tahun yang tak terlupakan di dunia pendidikan.

Baca Juga:  Medsos Sebagai Metode Efektif Berkampanye

Pendidikan pun berubah drastis 180 derajat dari sebelumnya yang sehingga memunculkan satu-satunya solusi yaitu dengan pembelajaran daring (online learning / online classroom), dengan memanfaatkan teknologi melalui perkembangan era revolusi industri 4.0, dimana semua berhubungan dengan internet yang berbasis dengan teknologi-teknologi canggih.

Pembelajaran secara daring atau online learning merupakan pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan perangkat komputer atau gadget yamg saling berhubungan dimana guru dan siswa berkomunikasi secara interaktif dengan memanfaatkan media. Pembelajaran ini sangat bergantung dengan koneksi jaringan internet yang kuat untuk menghubungkan perangkat guru dan sisiwa.

Baca Juga:  Akhirnya 'Terkuak' Proyek Lapangan Serbaguna, Desa Mana?

Pembelajaran daring ini sangat membantu dunia pendidikan pada saat pandemi ini. Banyak aplikasi-aplikasi canggih yang bisa digunakan dalam kegiatan pembelajaran seperti Whatsapp group, Google classroom, Edmodo, Quizzi, Jitsi, Zoom dan aplikasi-aplikasi canggih lainya.

Dengan dihapusnya Ujian Nasional, perintah belajar dirumah dengan menggunakan aplikasi, kuliah daring, bimbingan dan seminar dirumah secara online merupakan contoh pendidikan yang bertujuan untuk mempercepat penerapan pendidikan era revolusi industri 4.0. dan tidak bisa dipungkiri dengan adanya wabah corona inilah penerapan sistem era revolusi industri 4.0 ini menjadi satu solusi terbaik.

Peserta didik dituntut untuk menyesuaikan diri dengan memanfaatkan pendidikan era revolusi industri 4.0 ini dengan menerapkan Internet Of Things (IOT), yang dapat mengembangkan kreativitas dan inovasi.

Bidang pendiikan pada saat ini sangat berkaitan dengan revolusi industri 4.0 yang dimanfaatkan untuk mendukung pola belajar dan pola berpikir untuk mengembangkan inovasi kreatif dan inovatif dari peserta didik guna mencetak generasi penerus bangsa yang bukan hanya unggul dibidang pengetahuan akan tetapi, juga unggul dibidang teknologi.

Baca Juga:  Anggaran Desa Ladan Fokus Penanganan Penyebaran Covid-19

Dengan demikian, keberhasilan guru dalam melakukan pembelajaran daring pada situasi pandemik covid-19 ini merupakan suatu kemampuan guru dalam berkreasi pada saat merancang materi dan ketika hendak memilih metode pembelajaran dan aplikasi apa yang sesuai dengan materi yang akan disampaikan. Kreatifitas merupakan satu kunci sukses dari seorang guru untuk memotivasi para siswanya agar tetap semangat dalam belajar dan tidak menjadikan pembelajaran online ini sebagai beban. Dan yang paling penting dari semua ini ialah guru harus selalu senantiasa dan tanpa henti memotivasi siswa agar tetap semangat dalam belajar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here