Mengenal Dunia Kerja Profesional, Siswa SMKN 1 SKL & Bintan Utara Ikuti Seminar dan Kunjungan Industri di Kawasan BIE

Kunjungan siswa SMKN Bintan di salah satu kawasan industri di Lobam, Rabu (16/5/2024)
banner 120x600

BINTAN – Pengelola Kawasan Bintan Industrial Estate (BIE) dan sejumlah tenant di kawasan tersebut memperkenalkan dunia kerja industri yang profesional kepada Siswa SMKN 1 Seri Kuala Lobam (SKL) dan SMKN 1 Bintan Utara pada Rabu (16/5/2024).

Bertempat di Kawasan BIE, perkenalan dunia kerja profesional tersebut dimulakan dengan seminar dunia kerja yang dilaksanakan di Wisma Bintan Inti Industrial Estate (BIIE), Kemudian melakukan kunjungan di sejumlah perusahaan.

Aditya Laksamana, General Manager PT BIIE mengatakan, kegiatan tersebut merupakan bagian dalam rangka peduli dan peningkatan mutu pendidikan melalui program CSR yang dilakukan pihaknya dan sejumlah tenant di Kawasan BIE.

Ia mengatakan, melalui program CSR tersebut, pihaknya sudah memberikan berbagai kontribusi untuk dunia pendidikan di Bintan dan Kepri. Seperti 16 beasiswa untuk siswa di Kampus SBTI Lagoi, beasiswa untuk 40 guru SMKN 1 Bintan Utara dan Seri Kuala Lobam, praktek tambahan beasiswa las untuk guru dan siswa SMK, bedahs ekolah SDN 003 Seri Kuala Lobam dan juga kunjungan industri seperti saat ini.

“Dalam kegiatan ini kami mengundang praktisi industri dan pendidikan untuk memberikan materi siswa dalam pembuatan CV (Curicullum Vitae), pemahaman etos kerja dan sebagainya,” kata Aditya dalam sambutannya.

Ia menambahkan, seminar dan kunjungan industri ini akan memberikan pemahaman langsung soal kerja yang profesional di lingkungan kerja serta membangkitkan softskill kepada siswa.

“Kami yakin dengan ini akan semakin meningkatkan mutu SDM lokal kita yang nantinya akan memenuhi kebutuhan dunia industri di Bintan. Kedepannya tentunya kami berharap jumlah tenant yang bergabung dalam kegiatan ini semakin banyak,” ucapnya.

Sebagai gambaran, Kawasan Industri BIE telah berkembang pesat sejak 5 tahun terakhir. Strategi dan revitalisasi infrastruktur yang dilakukan mampu meningkatkan kepercayaan investor untuk mengembangkan bisnisnya. Sampai dengan saat ini, PT BIIE telah sukses menarik masuk beberapa investasi baru, diantaranya adalah PT IGCL, PT MSJ, PT NEI, dan PT BIG. Hadirnya Tenant baru tersebut membuka peluang kesempatan kerja untuk meningkatkan perekonomian masyarakat disekitar Kawasan.

Kunjungan di salah pelabuhan peti kemas di Kawasan BIE Lobam

Sejalan dengan perkembangan Kawasan Industri BIE, PT BIIE terus berupaya membangun pendidikan di wilayah sekitar Kawasan melalui program-program CSR bidang Pendidikan dengan tagline “BIIE Peduli Pendidikan”. Program ini adalah bentuk komitmen berkelanjutan PT BIIE sehingga kemajuan Kawasan juga dapat berdampak baik kembali ke lingkungan masyarakat.

Adapun rangkaian acara yang dilaksanakan adalah seminar dan field trip (industrial visit) bagi siswa/wi SMKN 1 Seri Kuala Lobam dan SMKN 1 Bintan Utara. Kamis, 15 Mei 2024, Acara seminar dilaksanakan di Auditorium Wisma BIE dan dilanjutkan dengan berkunjung ke Tenant-tenant Kawasan. PT CCI, PT Sanden, PT Bionesia, PT Singatac, dan PT BOMC telah memberi dukungan penuh pada kegiatan ini dengan membuka pabriknya untuk dikunjungi, serta ada juga Tenant yang memberikan alat tulis berkualitas untuk keperluan sekolah.

Tema yang dipilih untuk acara kali ini adalah ‘’SDM Unggul & Profesional Di Dunia Industri’’. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengenalkan sikap profesionalisme kerja serta penerapan teknologi-teknologi baru yang awam digunakan di dunia industri agar wawasan kerja siswa/wi dapat bertambah dan semakin bersemangat untuk terus berprestasi meraih cita-cita.

Para ahli praktisi dunia industri dan pendidikan diundang untuk memberikan sharing pemahaman terkait bidang HR yang meliputi pembuatan CV (Curriculum Vitae), tips sukses interview, sanksi kedisiplinan dari HR Manager PT BOMC hingga bagaimana menerapkan etos kerja yang baik serta metode 5S dari LPK Bintan Cakrawala yang sangat berguna didunia kerja.

Siswa/wi SMKN 1 SKL dan Bintan Utara semakin bertambah semangat serta minatnya untuk terus belajar dan mengejar prestasi, sehingga kebutuhan tenaga profesional yang berstandar internasional dapat terpenuhi oleh SDM lokal disekitar Kawasan.

Pembukaan seminar industrial visit di Wisma BIIE

Sementara itu, Dienovinky Sulandhi, Kepala Bidang Pendidikan SMK Dinas Pendidikan Kepri yang hadir membuka seminar tersebut menyampaikan pesan kepala Dinas Pendidikan Kepri, dimana pihaknya sangat mendukung kegiatan tersebut dan semua pihak dapat mengikutinya secara baik.

“Kegiatan positif semacam ini harus terus dilakukan, ini sangat berguna untuk membantu mencetak SDM-SDM SMK yang siap kerja ketika lulus dari dunia pendidikan,” ucapnya.(Aan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *