Beranda Kepri Anambas 28 Ton Kapal Hongkong Bawa Ikan Eksport Anambas

28 Ton Kapal Hongkong Bawa Ikan Eksport Anambas

280
0
Tampak foto Kapal angkut ikan dari negara Hongkong saat berlayar membawa ikan budidaya dari Anambas (foto Istimewa)

Ignnews.id, Anambas-Sejak 5 bulan berlalu dari penetapan masa pandemi covid-19 yang melanda dunia, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) membuka akses transportasi laut untuk keluar masuk bagi kapal angkut ikan asal negara Hongkong untuk membawa ikan milik nelayan budidaya air laut Anambas.

Hal itu dilakukan demi mempertahankan perekonomian nelayan budidaya agar tidak lumpuh, namun tetap mematuhi peraturan pemerintah terkait protokol kesehatan.

“Proses eksport ikan air laut yang dibudidaya oleh nelayan anambas harus tetap dilakukan. Namun protokol kesehatan juga dijalankan oleh tim gugus tugas,” kata Abdul Haris, SH melalui Kepala Dinas Kelautan Perikanan Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Kepulauan Anambas, Efi Sjuhairi kepada Ignnews.id, Sabtu (6/6/2020).

Sebelumnya, kapal angkut ikan budidaya dari negara Hongkong membawa jumlah ikan sekitar 15 ton dari anambas setelah melalui proses protokol kesehatan yang ketat.

“Angkutan pertama pada tanggal 10/5/2020 berjumlah sekitar 15. Anak Buah Kapal (ABK) mengikuti proses pengecekan kesehatan yakni digelar rapid test, karantina mandiri oleh tim gugus tugas covid-19,”ucap dia.

Tambahnya, pada tanggal 6/6/2020 kapal dari Hongkong telah berlayar lagi membawa jenis ikan yang di budidaya seperti ikan kerapu Sunuk, kerapu Bepeng, kerapu cantang, kerapu cantik dan ikan kerapu lumpur dari anambas.

“Hari ini pelayaran kedua kalinya kapal tersebut membawa ikan budidaya sekitar 13 ton setelah 5 bulan berlalu penetapan covid-19 secara nasional dan internasional. Sejak bulan Mei dan Juni 2020, kapal angkut ikan dari Hongkong dibenarkan untuk berlayar kembali ke anambas untuk membawa hasil ikan budidaya air laut tersebut,”jelas dia.

Adapun jumlah dan jenis ikan yang dibawa menggunakan kapal angkut ikan yakni ikan kerapu sunuk 3,725,8 Kg, kerapu Bepeng 745,3 Kg, kerapu lumpur 2,572,4 Kg, kerapu Cantik 3,250,0 Kg, kerapu Cantang 2,900,0 Kg. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here