Abdul Haris: Ada Lima Kewajiban Umat Islam Terhadap Alquran

Wakil Gubernur Kepri, Hj. Marlin Agustina Rudi saat memukul gong tanda dibukanya MTQ ke VII tingkat Kabupaten Kepulauan Anambas (foto ignnews.id)
banner 120x600

IGNNews.id,Anambas-Pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) VII Tingkat Kabupaten Kepulauan Anambas Tahun 2022 dibuka oleh Wakil Gubernur Kepri, Hj. Marlin Agustina dan didampingi oleh Bupati Kepulauan Anambas, Selasa (8/3/2022). Pembukaan MTQ ke-VII tingkat kabupaten kepulauan Anambas yang di selenggarakan di masjid agung Baitul Makmur.

Dalam kata sambutan Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris,SH mengatakan, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas melaksankan kegiatan MTQ ke VII di Kecamatan Siantan tingkat kabupaten. Dirinya berharap dengan adanya kegiatan tersebut bisa mewujudkan masyarakat berakhalaqul karimah dan kegiatan dilaksanakan tetap mengikuti protokol kesehatan.

“Bersyukur kita kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta’ala atas segala limpahan rahmat dan karunia yang diberikan, atas izin dan RidhoNya dipagi hari ini kita bisa melaksanakan pawai taaruf, pelantikan dewan hakim dan pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an Ke VII Kabupaten Kepulauan Anambas, walaupun dalam situasi dan kondisi yang terbatas karena kita harus mentaati protokol kesehatan. Semoga MTQ yang kita adakan ini bisa mempercepat terwujudnya masyarakat berakhlaqul karimah dan hilangnya Corona Omicron di negeri kita,” ucap Abdul Haris selaku Bupati Kepulauan Anambas dalam pidatonya, Selasa (8/3/2022).

Tambahnya, didalam kitab “MAZA YAJIBU ‘ALAL MUSLIMIN TIJAAH AL QURAN” yang ditulis Ahmad Azhar, beliau menyebutkan ada 5 kewajiban umat Islam terhadap Alquran: KEWAJIBAN PERTAMA: “Al Imanu bihi” Beriman pada Al quran.

Saat ini berbagai cara dilakukan oleh kalangan tertentu untuk membuat umat Islam meragukan kitab suci Alqur’an, sebagai umat Islam wajib meyakini bahwa Al quran benar dari Allah SWT. Kebenaran Al quran bisa dibuktikan secara ilmiah.

Sebagai contoh Prof. Jack Kasto (Ahli Penyelam) menemukan dua laut yang satu tawar yang satu asin ( ikan di dalamnya kalau di pindahkan menjadi pingsan) laut ini berada di Selat Gibraltar, Selat yang memisahkan benua Afrika dan Eropa tepatnya berada antara negara Maroko dan Spanyol.

Ternyata di dalam surat Arrahman ayat 19 dan 20, Al quran sudah menyatakan hal ini: “Dia membiarkan dua lautan mengalir yang keduanya kemudian bertemu”antara keduanya ada batas yang tidak dilampaui masing-masing Bukti selanjutnya, jika dibandingkan beberapa kitab suci, hanya Al quran kitab suci yang mampu dihapal isinya oleh anak kecil, remaja, dewasa maupun orang tua, padahal ada 6666 ayat, 30 juz, 114 surat. KEWAJIBAN KEDUA : Tilawatahu” /Membaca Al quran.

Lanjut Haris, didalam salah satu sabdanya Rasulullah SAW mengatakan bahwa – Seseorang yang lancar membaca Al Quran akan bersama para malaikat yang mulia dan senantiasa selalu taat kepada Allah, adapun yang membaca Al Quran dan masih terbata-bata karena belum lancar maka dia akan mendapatkan dua pahala yakni pahala membaca dan pahala kesungguhan dia untuk belajar.

Pemkab Anambas telah melakukan program membaca dan menghatamkan Alqur’an bersama OPD dan Instansi Vertikal setiap bulan, maghrib mengaji setiap khamis malam. Kewajiban ketiga Al Fahmu bihi” Memahami Al quran.

“Saat ini kita sudah berada dibulan Syakban, Insyaallah diawal April kita sudah puasa. Bulan suci Ramadhan adalah kesempatan emas bagi umat Islam untuk meningkatkan amal ibadah karena pahala yang Allah berikan berlipat kali ganda. Mari kita makmurkan masjid, mushalla, surau dan rumah kita dengan memperbanyak ibadah, salah satu ibadah yang dianjurkan adalah membaca dan memahami kitab suci al quran. Pada kesempatan ini saya mengajak kita semua untuk mentadabburi Al Quran dengan melakukan : a. Wirid tilawah (1 juz sehari) b. Wirid hafalan (1 sd 3 ayat sehari) c. Wirid Tadabbur (1 sd 3 ayat sehari), sekarang sudah banyak tafsir berbagai bahasa termasuk bahasa Indonesia yang bisa kita baca untuk mentadabburi kitab suci Al quran. KEEMPAT Al ‘Amalu KEWAJIBAN mengamalkannya. Mengamalkan Kitab suci Alqur’an akan membawa kita selamat hidup didunia dan akhirat. Membudayakan berprilaku jujur, disiplin, antri, bersih, menutup aurat. Mendirikan sholat,

membayar zakar dan puasa adalah beberapa contoh yang diajarkan Alqur’an 5. KEWAJIBAN KITA KELIMA ADALAH :”Tablighuhu ilal aakharin” menyampaikan kepada orang lain (dakwah,” urainya.

Sambungnya, mulianya umat Islam adalah dengan dakwah. Tegak dan eksisnya umat Islam adalah dengan menjalankan konsep amar ma’ruf nahi munkar. Dakwah adalah kewajiban atas setiap individu muslim dengan kapasitas dan kemampuan masing-masing.

“Kami berharap dapat kiranya Wakil Gubernur Kepri dapat membuka acara MTQ ke VII tingkat Kabupaten Kepulauan Anambas,” tukas dia. (Fendi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *