Beranda Daerah Akibat Mesin Rusak, Krisis Air Berdampak Terhadap Warga

Akibat Mesin Rusak, Krisis Air Berdampak Terhadap Warga

319
0
Tampak warga Rt Tanjung Kelurahan Letung saat mengantri air bersih yang dibagikan (foto ignnews.id)

Ignnews.id,Jemaja-Persoalan pendistribusian air kerumah warga Kelurahan Letung khususnya di Rt Tanjung masih menjadi delema dan warga menjadi kesal akibat lambannya di tangani sehingga warga terpaksa mengangkut air meskipun dengan jarak jauh.

Nazarudin selaku warga Rt Tanjung yang mengalami dampak langsung mengatakan, bahwa pihak yang berwenang mestinya harus cepat tanggap atas kesulitan yang dialami warganya. Sebagain warga pun berinisiatif mengangkut air menggunakan sepeda motor dan perahu (jongkong) ke kampung sebelah.

“Kami sudah lelah mengeluh, itupun tidak ditanggapi dengan cepat. Hari ini kami hanya bisa menunggu saja dan mengangkut air ditempat sumber air yang tersedia,” ungaknya.

Baca Juga:  Kades Dua Priode Ini Akan Buka Pasar Malam

Perlu diketahui, persoalan ini sudah lama berlangsung sejak pengelolaan air dikelola oleh Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (DPUPR) melalui UPTnya. Ketika pihak Kelurahan Letung yang mengelola air, persoalan ini tidak pernah terjadi.

“Kami tidak mengerti dengan sistem pemerintahan. Dulu air dikelolan oleh orang kelurahan tidak pernah terjadi krisis air seperti saat ini. Namun sejak orang PU yang kelola, airpun tidak ada. Kami warga yang terdampak dari aturan yang ada. Pusing saya,” kesal dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) Andiguna Hasibuan mengatakan, dirinya telah memerintahkan tim UPT Tarempa untuk melakukan penanganan persoalan yang dialami warga Rt Tanjung Kelurahan Letung terkait krisis air.

Baca Juga:  Vihara Wisata Religi Fenomenal Anambas

“Ketika dilakukan pengecekan dilapangan, terdapat ditemukan mesin pompa air yang berada disana mengalami rusak. Akhirnya mesin itu dibongkar dilakukan perbaikan,” sebut dia.

Kata dia, mesin yang rusak saat ini berada di Kota Tanjungpinang untuk diperbaiki karena peralatan yang akan diganti di anambas tidak tersedia. Dirinya juga menyampaikan sistem pemasangan pipa mengalami kesalahan dan saat ini terus dilakukan perbaikan.

“Sumber air juga menjadi salah satu penyebab dari persoalan krisisnya air. Selain pipa dan mesin butuh perbaikan. Kita tetap segera menuntaskan persoalan itu,” janji Andiguna.

Baca Juga:  Berdayung Jongkong Meraih Ilmu Pendidikan

Lanjutnya, mesin yang sedang diperbaiki diupayakan akan terpasang kembali jelang Hari Raya Idul Fitri tiba. Pihaknya juga meminta kepada masyarakat yang berdampak dapat lebih bersabar.

“Mudah-mudahan sebelum lebaran akan selesai lakukan perbaikan mesin. Kami juga berharap warga dapat lebih bersabar,” tutupnya. (Fendi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here