Amat Yani Angkat Bicara Tentang Wacana DOB Natuna-Anambas

Amat Yani sebagai Anggota DPRD Kabupaten Kepulauan Anambas Tiga Periode (ft-istimewa)
banner 120x600

IGNNews.id,Anambas-Amat Yani yang disebut sebagai politisi senior di kancah politik Kabupaten Kepulauan Anambas yang telah mencapai tiga periode sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kepulauan Anambas dan ditambah lagi satu periode di Kabupaten Natuna dan dirinya tidak menampikan aspirasi sejumlah masyarakat Kabupaten Natuna dan Kabupaten Kepulauan Anambas ingin memisahkan diri dari Provinsi Kepulauan Riau untuk menjadi Provinsi Khusus Natuna Anambas.

Kata dia, tidak dapat ditepis dengan senyum penuh pengertian dan pemahaman saja tentang apa aspirasi yang berkembang di tengah-tengah masyarakat, dan keinginan untuk membentuk Daerah Otonomi Baru, juga tidak ada kata mustahil jika aspirasi ini di perjuangkan dengan sungguh-sungguh dalam satu irama kebersamaan.

Harapan masyarakat untuk mempercepat bertumbuhnya kesejahteraan dan kemakmuran dengan potensi laut yang luas untuk di jadikan sumber dari segala sumber kehidupan.

Kata dia, aspirasi masyarakat Jemaja yang akan berharap terwujudnya sebuah kabupaten yang akan diperjuangkan ini tentunya terlebih dahulu harus dilakukan kajian Naskah Akademis. Tentu hal itu sebagai salah satu syarat untuk mendukung proposal yang telah diajukan masyarakat kepihak lembaga legislatif beberapa waktu sebelumnya.

“Dalam momentum yang sama Pembentukan Daerah Otonomi Baru yang bernama Natuna Anambas menjadikan perjuangan, ini seiring sejalan dengan Pembentukan Kabupaten Anambas Utara dan Kabupaten Kepulauan Jemaja yang akan menjadi faktor Pendukung secara Administratif Pembentukan Propinsi Khusus Natuna Anambas,” kata Amat Yani ketika dikonfirmasi melalui telepon selulernya, Jumat (15/6/2023).

Ia juga menyebutkan, akan banyak dampak positif atas adanya wacana pembentukan Provinsi Khusus Natuna dan Anambas. Dirinya lebih membicarakan terkait aspirasi usulan masyarakat Jemaja tentang pembentukan Kabupaten Kepulauan Jemaja.

“Yang diketahui Jemaja sudah memiliki potensi ekonomi kedepannya seperti pariwisata dan hasil dari laut yang tak ternilainya. Keinginan hal ini lah saya sebagai wakil rakyat wajib untuk menyampaikan kepada pihak pemerintah tentunya. Namun syarat dan ketentuan yang diatur melalui peraturan perundang-undangan akan harus dipenuhi,” ujar dia.

Amat Yani mengajak agar seluruh komponen masyarakat untuk bersama sama terlibat dalam perjuangan ini, bagaimana pun pemekaran provinsi dan kabupaten sangat berdampak sekali dengan percepatan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

“Saya kasi contoh kecil saja yaitu seperti PLN yang selama ini tidak pernah sampai di desa jadi masuk desa, Dokter dan Bidan dan Perawat yang tidak ada di desa masuk ke desa, dan masih banyak yang lain lagi,” tuturnya. (Fendi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *