Beranda Kepri Anambas Anambas Menunjukan Pertumbuhan Indeks Pendidikan Positif

Anambas Menunjukan Pertumbuhan Indeks Pendidikan Positif

119
0
Tampak foto Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Anambas saat mengikuti Vidcon. (foto Humas Pemkab Anambas)

Ignnews.id,Anambas-Dalam sempena memperingati Hari Ulang Tahun-12 Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) sebagai bentuk penghargaan dari perjuangan masyarakat dalam mewujudkan pembentukan kabupaten maka setiap tanggal 24 Juni wajib diperingati hari yang bernilai sejarah sejak 24 Juni 2008 silam.

Dalam kesempatan ini, Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Anambas yang dipimpin oleh Abdul Haris, SH bersama Wan Zuhendra yang diketahui kedua pemimpin tersebut adalah putra terbaik asli Kabupaten Kepulauan Anambas.

Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris menyampaikan, terkait penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan KKA berpijak pada tiga landasan yuridis sebagai acuan penyusunan  perencanaan pembangunan daerah yang berjenjang.

Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) KKA 2005-2025 yang telah ditetapkan melalui Peraturan Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas Nomor 4 Tahun 2013. Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Kepulauan Anambas 2016-2021 yang telah ditetapkan melalui Peraturan Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas Nomor 6 Tahun 2016 dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Kepulauan Anambas.

Baca Juga:  Exemption Flight Rute Domestik Dimulai Kembali

“Dalam spektrum yang lebih luas penyelenggaran pembangunan yang kita laksanakan ditujukan untuk pencapaian Visi  sebagaimana yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah maupun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas. Cita-cita dan kondisi ideal masyarakat Kepulauan Anambas yang kita ingin wujudkan terangkum dalam visi pembangunan dan pemerintahan yaitu “ Kepulauan Anambas sebagai Kabupaten Maritim Terdepan yang Berdaya Saing, Maju dan Berakhlakul Karimah” yang disingkat menjadi “ANAMBAS BERMADAH 2021,”ungkap Abdul Haris, SH didampingi Wakil Bupati Kepulauan Anambas, Wan Zuhendra kepada IGNNEWS.ID, Rabu (24/6/2020).

Dari visi tersebut kita tetapkan 7 (tujuh) misi pembangunan daerah yang merupakan turunan atau terjemahan, visi pertama yang akan disampaikan yakni, mewujudkan pelayanan pendidikan dan kesehatan yang bermutu dan terjangkau secara merata.

“Kita sampaikan bidang pendidikan dulu. Pemerintah daerah terus berupaya dalam meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Kepulauan Anambas,”ucap dia.

Baca Juga:  Ini Sakit Pasien Yang Diantar Sebelum Puskel Terbakar

Kata dia, dalam rangka membangun generasi muda yang berkualitas, Pemerintah Daerah secara konsisten memberikan beasiswa peningkatan prestasi dan beasiswa penuh kepada Putra dan Putri Kepulauan Anambas untuk melanjut pendidikan di beberapa perguruan tinggi baik pada bidang Kedokteran, Pariwisata, Agama dan program studi lainnya, yang tersebar diberbagai perguruan tinggi di Indonesia.

“Hingga tahun 2020 tercatat 982 mahasiswa menerima beasiswa peningkatan prestasi, 68 Mahasiswa menerima beasiswa penuh,”jelas dia.

Peningkatan mutu pendidikan tidak terlepas dari peran tenaga pendidik, untuk itu Pemerintah daerah secara konsisten melaksanakan sertifikasi tenaga pendidik, tercatat pada tahun mulai tahun 2017 sampai dengan tahun 2020.

“Jumlah tenaga pendidikan yang sudah tersertifikasi sejumlah 386 tenaga pendidik, untuk itu pemerintah terus berupaya melakukan peningkatan kapasitas dan kualitas tenaga pendidik setiap tahunnya melalui berbagai program pelatihan baik yang dilaksanakan didalam dan diluar Kabupaten Kepulauan Anambas,”ucap dia.

Baca Juga:  Anambas Berduka Kehilangan Putra Terbaik

Dalam rangka mendukung peningkatan kualitas pendidikan, Pemerintah Daerah juga terus mengupayakan pemenuhan sarana dan prasarana pendukung pendidikan, dengan melakukan rehabilitasi dan pembangunan gedung pendidikan di 191 sekolah, mulai dari tingkat PAUD sampai SMP hingga tahun 2020.

Di sisi lain, angka indeks pembangunan manusia (IPM) di Kabupaten Kepulauan Anambas juga menunjukkan pertumbuhan yang positif, IPM KKA pada tahun 2019 telah mencapai 68,48 yang berarti tumbuh sebesar 1,41 persen dibandingkan tahun sebelumnya dengan komponen angka Harapan Lama Sekolah sebesar 12,75, angka Rata-rata lama sekolah sebesar 6,91, angka harapan hidup sebesar 67,06 serta indeks pengeluaran per kapita sebesar 12.065 ribu perkapita.

“Pertumbuhan Indeks Pembanguna Manusia yang positif menunjukkan adanya kemajuan dalam hal pembangunan manusia dari tahun ketahun dan mengindikasikan bahwasanya pembangunan manusia di Kabupaten Kepulauan Anambas terus berkesinambungan dengan selalu adanya peningkatan pada segenap aspek pendukungnya,”tukas dia. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here