Beranda Kepri Anambas Anambas Terletak Dipusaran Asean, Potensi Wisata Memukau

Anambas Terletak Dipusaran Asean, Potensi Wisata Memukau

381
0
Agustina Samara selaku Chief People DANA, Hermin Esti Setyowati selaku Asdep SDM dan Parekraf, Dr.Agnes Wirdayanti selaku Kepala Bidang Riset Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (foto istimewa)

Ignnews.id,Anambas-Asisten Deputi (Asdep) Sumber Daya Manusia Pariwisata Ekonomi Kreatif saat berkunjung di Kabupaten Kepulauan Anambas merasa terpukau ketika melihat potensi wisata anambas cukup banyak menarik dan perlu di dorong oleh semua pihak pemerintah pusat.

Hermin Esti Setyowaty selaku Asdep
SDM Parekraf mengatakan bahwa, Kabupaten Kepulauan Anambas ini mempunyai potensi yang besar di bidang pariwisata.

“Sekarang tinggal bagaimana potensi ini di kembangkan, tentunya dari sisi SDM nya juga harus siap dan masyarakatnya harus terbuka terhadap potensi yang dimiliki,” kata Hermin Esti Setyowaty kepada ignnews.id saat di wawancarai usai membuka acara Strategi pengembangan dan pembangunan di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dalam upaya peningkatan perekonomian masyarakat Kabupaten Kepulauan Anambas pasca masa pandemi covid-19 di aula Kantor Bupati Kepulauan Anambas, Kamis (8/4/2021).

Baca Juga:  Pemburu Buah Kepayang Mulai Cemas, Ada Apa?
Foto Hermin Esti Setyowaty selaku Asdep SDM dan Parekraf saat mengunjungi destinasi wisata lokal di Kabupaten Kepulauan Anambas (foto istimewa)

Hermin yang di dampingi oleh Kepala Bidang Riset Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Dr. Agnes Wirdayanti, Sip, Msi menyampaikan, untuk pengembangan pariwisata itu tidak bisa sendiri tapi harus melibatkan semua pihak dimulai dari pemerintah, komunitas lalu dari pelaku ekonomi kreatif dan dari pihak media juga memiliki peran penting khususnya mempromosikan wisatanya.

“Pastinya harus lebih sering melakukan koordinasi dimulai dari Pemda, Pemprov hingga ke Pemerintah Pusat,” ucapnya.

Lanjut dia, terkait kewenangan dan atau persoalan yang dialami Kabupaten Kepulauan Anambas harus saling berkoordinasi. Pihaknya akan memberikan perhatian khusus dengan Anambas.

Baca Juga:  Singkronisasi Kebijakan Pemdes Dengan Pemkab

“Kita ketahui bersama letak geografis anambas yang dikelilingi oleh negara-negara Asean. Pariwisata pesisir yang paling diprioritaskan,” tuturnya.

Ia juga menyarankan agar anambas lebih menciptakan kegiatan-kegiatan atau atraksi seperti yang berada di Pantai Padang Melang Kecamatan Jemaja Kabupaten Kepulauan Anambas yang memiliki pantai yang padat dan panjang. Disini memiliki segala unggulan dan potensi wisata lainnya.

“Kemarin kami ke pulau jemaja di Pantai Padang Melang, disitu kami lihat pasirnya padat lalu disitu dekat juga dengan Bandara. Sebetulnya itu salah satu tempat untuk teriak telon nanti. Turis bisa berlari, terus bersepeda lalu berenang itu bisa menjual juga karena ombaknyakan tidak besar. Disana bisa main jetski, snorkling dan lainnya,” ucapnya.

Baca Juga:  LSM LIRA Kepri Kunjungi Lembaga Adat Melayu, Minta Restu dan Tunjuk Ajar

Ia juga berjanji akan membicarakan kepada semua pihak terkait dukungan infrastruktur seperti akses jaringan internet. Dirinya merasakan masih banyak lokasi wisata yang mengalami jaringan lemot bahkan tidak ada jaringan internet.

“Peran serta masyarakat itu yang penting mendukung kegiatan pariwisata. Pemda harus banyak lebih melibatkan masyarakat.

Tahap awal kata dia, pemda harus membangun homestay untuk mengangkat pariwisata lokal dengan mengutamakan kearifan lokal.

“Anambas memiliki potensi wisata yang sangat menjanjikan kedepannya. Apalagi wilayahnya berada di pusaran negara-negara Asean. Singapura, Malaysia, Brunei, Vietnam dan negara Asean lainnya,” pungkasnya. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here