Anggota Saka Wanabakti Anambas Dikukuhkan

Anggota Saka Wanabakti Anambas saat dilakukan pengukuhan (foto ignnews.id)
banner 120x600

Ignnews.id,Anambas- Pengukuhan anggota Saka Wanabakti Kwartir Cabang Kepulauan Anambas dilaksanakan Pos Polisi Kehutanan, Rintis, Tarempa Selatan Kecamatan Siantan.

Saka Wanabakti merupakan kegiatan pramuka dibidang kehutanan dimana akan mengenalkan tradisi kehutanan dan ilmu mengenai ilmu-ilmu kehutanan. Berbagai rangkaian acara dilaksanakan oleh anggota. Sebelumnya anggota berjumlah 21 orang, dengan diadakan acara pengukuhan ini akan terjadi penambahan anggota.

Pada tahun 2019 sudah diberikan SK oleh Bupati Kepulauan Anambas namun tertunda dan dalam pelaksanaan merekruit anggota juga baru dapat dilakukan tahun ini.

“Sebenarnya SK Saka Wanabakti anambas sudah diberikan Bapak Bupati tahun 2019 namun baru dapat dilaksanakan dan merekruit anggota pada tahun ini, dan acara ini merupakan acara perdana Saka Wanabakti,”ucap Riko selaku pimpinan Saka Wana Bhakti Anambas pada saat ditemui ignnews.id, Rabu (7/4/2021).

Pelatihan peserta yang ikut dalam pelaksanaan Saka Wanabakti kali ini diikuti oleh beberapa siswa-siswi SMA Negeri 1 Siantan berjumlah 19 orang dan 1 orang Mardrasah Aliyah.

Ia menjelaskan, tim dibagi menjadi 4 kreda, yang akan mempelajari tentang ilmu kehutanan seperti Riksawana terkait reservasi hutan dan pengaman hutan, Gunawana terkait pengenalan untuk jenis pohon dengan pengukuran pohon, Binawana terkait mengenalkan bibit-bibit dihutan yang bisa dibibitkan, dan Tata Wana yang menata atau mengatur kehutanan.

“Dari 20 peserta siswa-siswi yang ikut kita akan bagikan lagi menjadi 4 krida yaitu Reksa Wana, Guna Wana, Bina Wana dan Tata Wana, dari masing-masing krida akan ada yang mengarahkan,” ujar dia.

Setelah pengukuhan peserta akan dilaksanakan diharapkan anggota tersebut dapat ikut serta kegiatan Saka Wanabakti dan acara-acara kehutanan lainnya. Hal ini agar para anggota tau dan menambah edukasi mengenai bidang kehutanan.

“Harapannya kita berharap anggota yang akan dilakukan pengukuhan nanti tahu bagaimana menjaga alam, melestarikan alam dan mampu mengajak masyarakat yang lain untuk menjaga alam,” harap dia. (Thalia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *