Antisipasi Kecelakaan Polairud Temui Sejumlah Kapal Kargo dan Nelayan

Anggota Polairud saat berada di kapal nelayan asal Asahan di pelabuhan Antang (ft-istimewa)
banner 120x600

IGNNews.id,Anambas-Dengan kondisi keadaan cuaca yang dialami Kabupaten Kepulauan Anambas untuk saat ini sedang tidak baik maka dari Polres menghimbau secara langsung terhadap nelayan dan kapten kapal kargo yang sandar di pelabuhan Tarempa untuk lebih meningkatkan kewaspadaannya saat berlayar dilaut, Rabu (14/12/2022).

Kapolres Kepulauan Anambas, AKBP Syafrudin Semidang Sakti melalui Kepala Satuan Kepolisian Perairan dan Udara (Polairud), Iptu Martias mengatakan, bagi kapten kapal kargo yang hendak berlayar tentu harus memantau tentang keadaan cuaca dan isi muatan kapal. Hal itu disampaikan secara langsung dan pihaknya wajib memberitahukan terkait keselamatan dalam berlayar.

“Kita tidak ingin terjadi kecelakaan dilaut. Oleh karena waspada itu sangat penting dalam kondisi apapun,” ungkap Martias kepada ignnews.id, Rabu (14/12/2022).

Pihaknya juga memeriksa kelengkapan dan persedian alat keselamatan di kapal. Setiap kapal harus memenuhi standar keselamatan bagi Anak Buah Kapal (ABK).

“Setiap himbauan atau informasi tentang cuaca wajib dipatuhi dalam kondisi gelombang yang tidak bisa diprediksi oleh logika akal atau pengalaman saja,” ujarnya.

Katanya lagi, bagi nelayan lokal yang pompongnya ukuran sekitar 5 Grosston untuk saat ini diminta untuk tidak melaut terlalu jauh demi keselamatan.

“Kemarin telah terjadi pompong nelayan tenggelam dihantam ombak dilaut perairan anambas. Kita tidak ingin hal itu terjadi lagi,” tuturnya. (Fendi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *