Beranda Kepri Anambas APBDes Batu Belah Tembus 2,7 Miliar

APBDes Batu Belah Tembus 2,7 Miliar

345
0
Kepala Desa Batu Belah Kecamatan Siantan Timur Kabupaten Kepulauan Anambas bersama BPD dan masyarakat usai membahas APBDes tahun anggaran 2021 (foto Istimewa)

Ignnews.id,Siantan Timur-Pemerintah Desa Batu Belah Kecamatan Siantan Timur Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) bersama Badan Permusyawaratan Desa (BPD) mengesahkan Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) tahun 2021 dengan asumsi anggaran sekitar Rp 2,7 Miliar, Rabu (30/12/2020) malam.

Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 113 Tahun 2014 Tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Desa, pasal 2 menegaskan asas-asas dalam pengelolaan dana desa, diantaranya adalah transparan, akuntabel, partisipatif serta dilakukan dengan tertib dan disiplin anggaran.

APBDes merupakan dokumen penting bagi desa yang menentukan derap langkah keberlanjutan pembangunan dan jalannya pemerintah di desa ke depan. Apabila APBDes telah ditetapkan pemerintah desa pada awal tahun, desa telah dapat melakukan persiapan lebih awal untuk pelaksanaan program pembangunan desa.

Baca Juga:  Pedagang Melayu Square Terima CSR Dari BI

Dalam rapat sidang APBDes Kepala Desa Batu Belah, Babandi menegaskan bahwa setiap kegiatan atau program kerja yang dimasukkan dalam APBDes untuk dapat dilaksanakan tepat pada waktu yang telah ditentukan mengingat nantinya pasti akan ada perubahan-perubahan dalam pelaksanaan.

“Anggaran bersumber dari PADes sebesar Rp 8,3 juta, Dana Desa sebesar Rp 1,2 Miliar, Alokasi Dana Desa Rp 1,5 Miliar dan BHPRD sebesar Rp 32 juta. Asumsi APBDes tahun anggaran 2021 mencapai sekitar Rp 2,7 Miliar,” ungkap Babandi selaku Kepala Desa Batu Belah saat menghubungi Ignnews.id, Rabu (30/12/2020).

Baca Juga:  BPS Gelar Pelatihan Susenas 2021

Katanya, kegiatan ini mengacu sesuai yang tertuang dalam RKPDesa tahun 2021 dan dengan cara musyawarah bersama BPD dan masyarakat Desa Batu Belah.

“Kegiatan dihadiri oleh BPD, Pemerintah Desa, lembaga desa, RT RW, dan tokoh masyarakat. Acara berlangsung pada pukul 22.00 WIB di aula Kantor Desa Batu Belah,” sebut dia.

Ia berharap, anggaran yang telah ditetapkan dapat terlaksana dengan baik dan ia akan mengakomodir kepentingan masyarakat secara keseluruhan di Desa Batu Belah tentunya dan meningkatkan ekonomi masyarakat dengan memberikan bantuan alat tangkap dan bibit ikan kepada kelompok nelayan

Baca Juga:  UU Cipta Kerja: Surga atau Fatamorgana?

“Untuk tahun 2021 kami lebih memprioritas kegiatan yakni peningkatan pendapatan desa melalui pengembangan usaha di Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) dan ditambah menyediakan anggaran Penanganan Covid serta bidang kesehatan desa dan pencegahan Stanting,” jelasnya. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here