Natuna  

Bangun Hukum, Bangun Negeri Jadi Tema Seminar Hukum Menyambut Hari Bhakti Adhyaksa ke-63

banner 120x600

Kajari Natuna, Surayadi Sembiring SH., MH, saat menjadi narasumber Seminar Hukum

Ignnews.id, Natuna – Dalam rangka menyambut Hari Bhakti Adhyaksa ke-63 pada tanggal 22 Juli 2023 mendatang, Kejaksaan negeri Kejaksaan Negeri (Kejari) Natuna mengadakan sejumlah kegiatan salah satunya seminar hukum dengan tema “Bangun Hukum Bangun Negeri”.

Kegiatan Seminar hukum tersebut diadakan di Gedung aula Sekolah Tinggi Agama Islam, Komplek Masjid Agung NGU, Kecamatan Bunguran Timur pada Senin (17/07/2023).

Kepala Kejaksaan Negeri Natuna, Surayadi Sembiring SH., MH, saat membuka seminar tersebut mengatakan, diadakannya kegiatan seminar hukum ini bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan bidang hukum bagi mahasiswa dan masyarakat.

“Kita ingin dengan adanya seminar hukum ini, para peserta terutama mahasiswa dan masyarakat bisa mendapatkan pemahaman lebih arti dan makna dari hukum serta bagaimana menjadi warga negara yang baik serta taat akan hukum,” ungkap Surayadi.

Lebih lanjut, Surayadi juga menerangkan, sejatinya seminar ditujukan untuk memperdalam ilmu dan menyampaikan pendapat secara lisan, sebagai media komunikasi untuk bertukar pengetahuan dan pengalaman juga sebagai wadah untuk mengidentifikasi masalah dan mencari cara pemecahan masalah.

Dalam pemaparan materinya, Surayadi menerangkan tentang Keadilan restoratif atau yang biasa dikenal dengan restorative justice yang diluncurkan sejak tahun 2020. Restorative justice ini penanganan perkaranya tidak sampai ke pengadilan dengan alasan, seperti, kerugian dibawah 2,5 juta ancaman 5 tahun kebawah kemudian pelaku pertama kali melakukan pidana.

“Dengan adanya seminar hukum ini saya berharap dapat menambah pengetahuan dan ilmu sehingga mereka bisa memahami mengenai restorative justice dengan baik,” imbuhnya.

Sementara Presiden Mahasiswa STAI Natuna, Ferdiawan menyampaikan ucapan terimakasih kepada Kejaksaan Negeri Natuna atas pelaksanaan acara Seminar Hukum ini yang dipusatkan di Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI).

“ini acara yang luar biasa, apalagi bagi kami mahasiswa,” sebutnya.

Untuk itu, Ferdiawan berharap agar seluruh peserta seminar yang terdiri dari mahasiswa STAI, Awak Jurnalis dan Himpi dapat mengikuti rangkaian kegiatan dengan serius.

“Kapan lagi kita akan mendapatkan pemahaman hukum seperti ini, untuk itu mari kita ikuti acara dengan seksama,” terangnya.

Kegiatan seminar yang diikuti sejumlah narasumber diantaranya Kepala Kejaksaan Negeri Natuna, Surayadi Sembiring SH., MH, Ketua Pengadilan Negeri Natuna, Jonson Parancis SH., MH, Sekda Natuna, Boy Wijanarko Varianto SH., Wakapolres Natuna, Kompol Ahmad Rudi Prasetyo SH., MH dan Ketua PWI Kabupaten Natuna, Muhammad Rapi. Laporan (Hardiansyah).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *