Natuna  

Base Rescue Lanud Raden Sadjad Gelar Latihan Pemadaman Kebakaran

banner 120x600
Danlanud Raden Sadjad Kolonel Pnb Jajang Setiawan, S.M., M.Han., PSC(J)., Saat memberikan pengarahan (foto : Istimewa)

Ignnews.id, Natuna – Guna meningkatkan kemampuan para personel Subsi Base Rescue, Dinas Operasi Lanud Raden Sadjad menggelar latihan pemadaman kebakaran pesawat TNI AU jenis Boeing AI-737 dengan rute Lanud Soewondo – Lanud Raden Sadjad yang terperosok ke luar dari runway Lanud Raden Sadjad, Ranai Natuna, Kamis (9/6/2022).

Pada latihan tersebut, pesawat TNI AU jenis Boeing AI-737 dengan rute Lanud Soewondo – Lanud Raden Sadjad mengalami kejadian tidak terduga pada saat pendaratan karena penggerak pada roda pesawat terjadi masalah.

Sehingga pesawat terperosok ke luar dari runway 36 sebelah timur, dan salah satu sayapnya mengeluarkan kepulan asap hitam disusul dengan munculnya api, salah satu mesin pesawat, tepatnya sebelah kanan terbakar.

Mendengar kejadian tersebut, Kadisops Lanud Raden Sadjad melaporkan kepada Komandan Lanud Raden Sadjad bahwa pesawat sedang mengalami accident dan selanjutnya memerintahkan petugas Tim Kecelakaan Pemadaman Kebakaran (Crash Team) yang stand by segera bergerak menuju ke tempat kejadian.

Usai mendapat perintah langsung, dengan cepat dan sigap personel Tim Pemadaman Kebakaran Lanud Raden Sadjad melakukan pemadaman api di pesawat, sehingga api dapat dipadamkan dengan aman dan terkendali, dan tim kesehatan RSAU Lanud Raden Sadjad segera menyelamatkan dan memberikan pertolongan kepada para korban jiwa.

Proses evakuasi pemadaman kebakaran lanud Raden Sadjad berhasil memadamkan Api (foto : Istimewa)

“Latihan ini bertujuan untuk menguji dan memelihara kemampuan personel Crash Team Lanud Raden Sadjad dalam menghadapi insiden seperti kecelakaan pesawat, kebakaran lahan dan perkantoran hingga pemukiman warga Lanud serta warga sekitar Lanud Raden Sadjad,” ungkap Danlanud Raden Sadjad Kolonel Pnb Jajang Setiawan saat memberikan pengarahan.

Danlanud Kolonel Jajang juga berharap, Semoga latihan kali ini mendapat lindungan dari Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa serta menjadi insan-insan TNI Angkatan Udara yang bekerja dengan profesional, bekerja keras, ikhlas dan cerdas.

“Berlatihlah dengan sungguh-sungguh, semua ini adalah tanggung jawab kita bersama dan latihan ini sebagai kesiapan kita, apabila terjadi yang tidak kita harapkan kita sudah siap,” pungkasnya. Laporan (Hardi/Fer).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *