Beranda Daerah Berdayung Jongkong Meraih Ilmu Pendidikan

Berdayung Jongkong Meraih Ilmu Pendidikan

394
0
Tampak anak sekolah asal Dusun Langan menimba ilmu haru mengarungi laut menggunakan jongkong

Ignnews.id,Jemaja-Salah seorang warga Dusun Langan Desa Batu Berapit Kecamatan Jemaja Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) masih menikmati rasa terisolirnya transportasi antar desa, hal ini dilihat sejumlah anak sekolah menggunakan sampan alias jongkong untuk mencapai ke sekolah dalam menimba ilmu.

Diketahui, sekolah yang mereka nikmati berada di ibukota Desa Batu Berapit dan akses jalan darat belum bisa dilintas.

“Jika keadaan cuaca baik dan gelombang teduh anak-anaka sekolah pasti akan berangkat ke sekolah. Namun jika sebaliknya maka terpaksa anak-anak kami tidak pergi sekolah,” ujar Beni Yamin selaku warga Dusun Langan Desa Batu Berapit kepada ignnews.id, Kamis (1/4/2021).

Baca Juga:  Ruko Janda Habis Dilalap Api
Tampak anak sekolah asal Dusun Langan menimba ilmu haru mengarungi laut menggunakan jongkong

Kata dia, persoalan yang dialami ini bukan hal baru dan sudah berlangsung lama. Dirinya tidak menyalahkan pihak manapun, namun dirinya selaku masyarakat meminta perhatian serius terhadap keberlangsungan hidup dan pertumbuhan ekonomi dalam memutus rantai terisolirnya warga Dusun Langan.

“Sejumlah pejabat daerah maupun anggota DPRD pernah mengunjungi wilayah kami. Mestinya kami tidak perlu teriak dan harapan kami hanya butuh perhatian baik dari pemerintah desa, kabupaten, provinsi bahkan pemerintah pusat jika diperlukan,” ucapnya.

Alat transportasi yang digunakan anak-anak sekolah untuk mencapai ke sekolah hanya untuk dua orang saja. Dirinya mengusulkan juga membangun sekolah satu atap untuk solusi bagi anak-anak Dusun Langan agar tidak mengarungi laut lagi.

Baca Juga:  Musim Utara Tidak Pengaruh Stock Ikan Di Pasar

“Dengan habiskan waktu sekitar 45 menit berdayung dengan menggunakan jongkong menuju ke sekolah tempat menimba ilmu. Mulai dari tingkat SD, SMP dan SLTA ada siswanya dari Dusun Langan,” ucapnya.

Lanjut dia, ia yakin di masa kepimpinan Pak Abdul Haris dan Wan Zuhendra yang sudah masuk ke dua periodenya akan lebih memprioritaskan pembangunan infrastruktur khususnya diwilayah Dusun Langan.

“Tahun kemarin, Pemda sudah membangun akses jalan aspal dari jalan Desa Batu Berapit menuju arah Dusun Langan. Tapi belum sampai ke Dusun Langan. Saya yakin tahun 2021 ini akses jalan tersebut akan dilanjutkan,” pungkasnya. (Fendi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here