Bunga Bangkai Tumbuh Dihalaman Rumah

Pemilik bunga raflesia yang tumbuh di halaman rumahnya (foto ignnews.id)
banner 120x600

ignnews.id,Anambas-Bunga Raflesia atau disebut juga dengan nama bunga bangkai, uniknya tanaman ini tumbuh di halaman salah seorang warga Batu Tambun Desa Tarempa Selatan, Kabupaten Kepulauan Anambas.

Tanaman tersebut dikenal hanya bisa hidup didalam hutan, kini tidak lagi di Kabupaten Kepulauan Anambas, tanaman tersebut tumbuh sendiri dihalaman warga. Ryan selaku warga mengatakan, awalnya dirinya merasa janggal dan tidak percaya bahwa melihat tanaman raflesia bisa tumbuh besar dihalaman rumahnya.

Sedikit ia menceritakan asal muasal bunga tersebut bisa tumbuh diakibatkan karena bibit bunga suweg dan tidak pernah menyangka akan terjadi hal ini.

“Awalnya saya yang membawa bibit bunga suweg dari Tanjungpinang, dan saya memberikan kepada mertua saya untuk ditanam,” kata Ryan kepada ignnews.id, kemarin.

Bunga ini mekar setahun sekali dan menimbulkan bau busuk saat mekar dan saat kondisi lembab. Awalnya bunga ini ditanam dikebun atas, tidak jauh dari rumah, kemudian Ryan menyuruh mertuanya untuk memindahkan ke perkarangan rumah.

“Baunya menyengat sampai ke rumah sampai 2-3 hari, awalnya kami kira ada bangkai hewan atau yang lainnya, jadi istri saya mendekat ke bunga, ternyata sumbernya dari bunga tersebut,” terangnya.

Kata dia, bunga suweg adalah tanaman anggota marga Amorphophallus dan masih berkerabat dekat dengan bunga bangkai raksasa dan iles-iles. Bunga suweg juga mempunyai banyak khasiat bagi kesehatan.

“Ya, masih tumbuh kembang bungan raflesia di halaman rumah saya,” tuturnya. (Thalia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *