Beranda Daerah Bupati Anambas Resmikan Desa Berlistrik

Bupati Anambas Resmikan Desa Berlistrik

438
0
Bupati, Wakil Bupati Kepulauan Anambas berserta Kepala ULP PLN Anambas ketika resmikan listrik masuk desa nyala 24 jam di Kecamatan Siantan Tengah (foto Ignnews.id)

Ignnews.id,Siantan Tengah-Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Anambas melakukan peresmian Desa Berlistrik Perusahaan Listrik Negara (PLN) di Kecamatan Siantan Tengah yang terdiri dari tiga desa yakni Desa Air Asuk, Desa Liuk dan Desa Lidi, Kamis (31/12/2020).

Kepala Unit Layanan Pelanggan PLN Anambas ikut hadir diacara tersebut dan sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) KKA dan acara juga dilakukan aplikasi zoom meeting bersama Gubernur Kepri berserta Kepala PLN Tanjungpinang.

Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris,SH mengatakan, masyarakat harus bisa bersyukur terkait adanya arus listrik yang telah nyala 24 jam sebelumnya hanya 12 jam. Dengan penambahan listrik desa di Kecamatan Siantan Tengah, rasio elektrifikasi di Kabupaten Kepulauan Anambas Provinsi Kepulauan Riau jadi ikut meningkat.

Baca Juga:  APK Tiga Paslon Dari KPU Belum Tuntas

“Saat ini rasio elektrifikasi di Kecamatan Siantan Tengah menjadi 100 persen. Program listrik desa di Kecamatan Siantan Tengah ini merupakan bagian dari program listrik desa dari PLN,” ungkap Abdul Haris,SH selaku Bupati Kepulauan Anambas ketika menyampaikan pidatonya, Kamis (31/12/2020).

Ia juga berharap kepada seluruh masyarakat dapat ikut serta membantu melakukan pengawasan terhadap potensi-potensi kerawanan yang akan mengakibatkan kecelakaan. Dirinya juga menyampaikan bahwa di Desa Mubur dan Desa Nyamuk masih diupayakan agar dapat menyala listrik untuk 24 jam.

“Tentu dengan adanya arus listrik ini masyarakat bisa menikmati dengan kegiatan positif lainnya. Dengan terlistrikinya desa ini program pemerintah dapat berjalan dengan cepat sehingga terdapat peningkatan kualitas kesehatan, pendidikan, ekonomi dan keberlangsungan hidup masyarakat desa yang terang benderang,” ujarnya.

Baca Juga:  KRI Wiratno-379 Pantau Perairan Kepulauan Anambas Dalam Rangka Mendukung Pengamanan Pilkada Serentak Tahun 2020

Sementara Kepala Unit Layanan Pelanggan (ULP) Perusahaan Listrik Negara (PLN) Kabupaten Kepulauan Anambas, Hendriko mengatakan, dalam hal ini bagian dari menjalankan program listrik masuk desa. Ia juga meminta kepada masyarakat agar dapat saling peduli dan berkoordinasi dengan pihak tenaga PLN jika terjadi kendala di lapangan.

“Kami juga berterima kasih kepada masyarakat dan Pemerintah Daerah yang telah berkerjasama yang baik dalam mewujudkan listrik nyala 24 jam di desa,” ucap dia.

Katanya, panjang jaringan menengah di tiga desa Kecamatan Siantan Tengah sebanyak 5 Kms (Kilometer sirkuit). Untuk Desa Air Asuk memiliki 2 travo dan kapasitas daya 100 KVA, Desa Liuk memiliki satu gardu dengan daya 50 KVA dan Desa Lidi satu gardu juga dengan daya 50 KVA.

Baca Juga:  Horee, Bantuan Sembako Sudah Diterima

“Kapasitas daya yang kami sediakan untuk Kecamatan Siantan Tengah sebesar 200 KVA. Saat ini kami dari PLN masih menunggu pendaftaran dari pelanggan dan kami akan segera gelar sosialisasi agar masyarakat lebih mengerti,” ucapnya.

Adapun yang hadir diacara peresmian arus listrik PLN masuk desa di Kecamatan Siantan Tengah Kabupaten Kepulauan Anambas yakni, Bupati, Wakil Bupati, Kepala ULP PLN Anambas, Asisten I, Kepala Dinas Kominfotik, Kepala Dinas PUPR, Camat Siantan Tengah, Kepala Desa Air Asuk, Kepala Desa Liuk dan Kepala Desa Lidi serta sejumlah tokoh masyarakat Kecamatan Siantan Tengah. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here