Beranda Kepri Anambas Butuh SDM Berkualitas Untuk Pengurus BumDes Pesisir Timur

Butuh SDM Berkualitas Untuk Pengurus BumDes Pesisir Timur

182
0
Sekdes Pesisir Timur, Zubandi diruang kerjanya

Ignnews.id,Anambas-Pada pemulihan ekonomi nasional, pemerintah mengupayakan Dana Desa dapat digunakan untuk membentuk, mengembangkan, dan merevitalisasi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Namun, beda halnya dengan BumDes pada Desa Pesisir Timur, Kecamatan Siantan, Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) masih terus menerus merekrut kepengurusan BumDes yang berkualitas.

Zubandi selaku Sekretaris Desa Pesisir Timur mengatakan, bahwa BumDes di desa tersebut sudah terbentuk dua kali namun belum berjalan akibat pengurus BumDes tidak memiliki ijazah akhirnya kepengurusan BumDes di bubarkan.

“Sebelumnya sudah dua kali pembentukkan BumDes di desa ini, hanya karena anggota yang sudah di rekrutmen tidak berijazah maka ini yang menjadi kendala,” ungkap Zubandi pada saat di temui, Selasa (9/3/2021).

Baca Juga:  Razia Gabungan Yustisi, Wajib Masker Saat Diluar Rumah

Pencarian kandidat dan jabatan ini sudah lama dicari, namun masyarakat belum berminat dan bersedia untuk turut andil dalam pengelolaan BumDes, walaupun sudah disosialisasikan oleh pihak desa.

Ia juga mengungkapkan keinginan dari pihak desa yang ingin membangun pabrik es untuk penyimpanan ikan dan juga ikan-ikan yang dihasilkan dapat di ekspor keluar kota ataupun luar negeri.

“Jika BumDes ini sudah terbentuk perencanaan kedepan kami berkeinginan membuat pabrik es untuk penyimpanan ikan,” ujar dia.

Dengan begitu ia mengharapkan masyarakat dapat berpartisipasi dan turut andil, agar pengelolaan BumDes dapat segera terlaksana. Karena anggaran untuk tahun 2021 sudah tersedia sebesar Rp 50.000.000,- dan hanya menunggu pengelola BUMDes tersedia, baik dari Ketua, Sekretaris dan Bendahara pengelolaan BUMDes.

Baca Juga:  Pasien Alami Sakit Berat Pasti Dilakukan Rujukan, Ada Apa?

“Dana anggaran sebesar Rp 50.000.000,- sudah tersedia di tahun 2021 ini, kami tidak punya wewenang penuh atas anggaran BumDes, jadi kami hanya menunggu tiga posisi BumDes ini terisi untuk dapat mengelola sesuai kebutuhan Desa,” tutur dia. (Thalia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here