Cegah Perdagangan Anak, Miliki KIA

Sejumlah anak di Kabupaten Kepulauan Anambas ketika diberikan KIA (foto istimewa)
banner 120x600

Ignnews.id, Anambas-Pelaksana kegiatan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) dalam perencanaan mencetak 2.500 Kartu Identitas Anak (KIA).

Serangkaian kegiatan pun dilakukan Disdukcapil salah satunya adalah kegiatan pemotretan dan pencetakan KIA disekolah-sekolah dengan julukan Jemput Bola KIA.

Kegiatan ini juga merupakan inovasi dari Disdukcapil Pelayanan Bermadah (Beres Maksimal dan Mudah) yaitu salah satu inovasi “JEMPOl KITA” (Jemput Dokumen KIA dan Akta ).

Kegiatan Jemput Bola KIA ini akan dilakukan di semua sekolah dari 10 Kecamatan di Kabupten Kepulauan Anambas. Pada (6/04/2021) mengunjungi sejumlah sekolah seperti Penyerahan dilakukan di kecamatan Jemaja Sekolah TK Negeri, Paud Kasih Ibu, SD 00, kecamatan Jemaja Timur SMP N 1 Jemaja Timur, SD N 001 Kuala Maras, SD 002 Ulu Maras, SD 003 Bukit Padi, SD 004 Gentìng Pulur untuk pelaksaan kegiatan ini.

“Terkait Peraturan Menteri dalam Negeri no. 2 tahun 2016 tentang KIA, Disdukcapil akan melakukan perencanaan target pencetakan KIA sebanyak 2500 pencetakan, kemaren saya bersama tim sudah turun ke sekolah-sekolah yang ada di Jemaja dan Jemaja Timur,” ungkap Firmansyah selaku Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk kepada ignnews.id, Rabu (7/4/2021).

Selain itu Firmansyah juga menjelaskan bahwa berbagai manfaat dari KIA bagi anak-anak selain sebagai kartu pengenal atau bukti diri yg sah.

“KIA juga bermafaat dalam melakukan transaksi keuangan perbankan, untuk pelayanan kesehatan di Puskesmas dan Rumah sakit, pembuatan dokumen keimigrasian, untuk mencegah terjadinya perdagangan Anak dan berbagai keperluan lain yg membutuhkan bukti diri berupa identitas bagi anak yg berdomisi di Kabupaten Kepulauan Anambas,”jelasnya

Ia juga berharap agar anak-anak di Anambas dapat segera memiliki KIA dan terdata kependudukannya seperti KTP elektronik yang dimiliki orang dewasa.

“Harapan kami mudah-mudahan kedepannya anak-anak di kabupaten Kepulauan Anambas semuanya sudah memilik KIA, seperti hal nya dengan kepemilikan KTP elektronik pada orang dewasa,”tutupnya. (Thalia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *