Beranda Kepri Anambas Desa Batu Belah Sukses Membina BumDes

Desa Batu Belah Sukses Membina BumDes

159
0
Salah satu pengurus BumDes Tujuh Kunci Desa Batu Belah saat berada di tempat usaha yang digeluti (foto istimewa)

Ignnews.id,Anambas-Dari bagi hasil keuntungan atas pengelolaan usaha yang digeluti oleh Badan Usaha Milik Desa (BumDes) Tujuh Kunci Desa Batu Belah Kecamatan Siantan Timur, Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) kini sudah mengecap hasilnya.

Kepala Desa Batu Belah, Babandi ketika menghubungi media ignnews.id, menjelaskan bahwa, pembagian hasil usaha telah tertuang dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga BumDes Tujuh Kunci sebesar 5 persen dari hasil akan di serahkan ke bidang pendidikan dan bantuan sosial.

“Kali ini, BumDes bersama Pemerintah Desa Batu Belah menyalurkan 45 karung beras ukuran 10 Kg kepada masyarakat kategori kurang mampu sebanyak 45 Kepala Keluarga (KK),” ungkap Babandi selaku Kepala Desa Batu Belah kepada ignnews.id, Sabtu (6/2/2021).

Baca Juga:  Bansos Rp9 Miliar, Mensos Sapa Warga Natuna

Katanya, kegiatan ini terus dilakukan setiap tahunnya apabila BumDes memiliki keutungan dari usaha yang digeluti. BumDes di Desa Batu Belah mengelola Kapal Roro untuk penyeberangan warga Desa Batu Belah menuju Desa Temburun dan usaha kedai sembako.

“BumDes Tujuh Kunci itu juga mengelola kapal penyeberangan bagi warganya. Mudah-mudahan usaha tersebut bisa menambah pendapatan yang lebih banyak lagi,” ujar dia.

Kata dia, berdasarkan laporan dari pihak BumDes ke pihaknya, untuk tahun 2020 BumDes memiliki hasil keuntungan sebesar Rp 35 juta. Meskipun mengalami kendala, namun dirinya mengapresiasi kepada seluruh pengurus BumDes telah berupaya secara maksimal dalam membina dan mengelola usaha yang dimaksud.

Baca Juga:  Wabup Anambas Resmikan PAUD Al Hikmah Desa Tebang

“Saya berharap kepada pengurus BumDes tentu lebih meningkatkan usahanya dan dapat menggali potensi ekonomi di Desa Batu Belah. Alhamdulillah, kami juga telah menyerahkan bantuan berupa aset kepada BumDes berupa kapal roro yang terbuat dari bahan kayu,” ucap dia.

Sementara itu, Direktur BumDes Tujuh Kunci Desa Batu Belah Kecamatan Siantan Timur, Ipan S Pratama mengatakan, bahwa pihaknya pada tahun 2020 pernah menyalurkan beasiswa kepada siswa asal Desa Batu Belah yang belajar diluar daerah. Saat ini akibat dalam masa pandemi covid-19 sebagian hasil dari keutungan BumDes dibagikan kepada masyarakat kategori kurang mampu berupa Beras.

Baca Juga:  Ingin Berlayar Ada Syaratnya, Oke?

“Mudah-mudahan bantuan yang disalurkan dapat dimanfaatkan dengan baik. Kami sangat berterima kasih kepada Pemerintah Desa Batu Belah yang telah mempercayai kami dalam mengelola BumDes. Insallah, ke depannya akan kami tingkatkan lagi,” tutup dia. (Julina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here