Beranda Daerah Desa Keramut Salurkan BLT DD Tahap II

Desa Keramut Salurkan BLT DD Tahap II

67
0
Saat pembagian BLT DD Desa Keramut Kecamatan Jemaja Barat, Kabupaten Kepulauan Anambas

Ignnews.id,Jemaja Barat-Pemerintah Desa Keramut, Kecamatan Jemaja Barat (Jebat) Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) telah menggelar kegiatan penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLTDD) kepada 61 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) tahap II di Balai Pertemuan Masyarakat Desa Keramut (BPMDK).

Markos selaku Kepala Desa Keramut mengatakan, kegiatan berlangsung dengan lancar dan aman tentu tetap mengikuti prosedur peraturan protokol kesehatan. Ia juga berharap kepada KPM yang menerima bantuan dapat memanfaatkan secara maksimal dan pihaknya hanya bisa membantu namun tidak memenuhi kebutuhan hidup sehari-sehari bagi masyarakat tersebut.

Baca Juga:  Sistem Jemput Bola Tingkatkan Pelayanan Kependudukan

“Ada 61 KPM yang pihak kami salurkan dalam kegiatan BLT DD. Mudah-mudahan bisa bermanfaat dengan baik,” ungkap Markos selaku Kepala Desa Keramut kepada ignnews.id, kemarin.

Sementara itu Sekretaris Desa Keramut, Bahri menjelaskan, sejumlah pihak hadir di kegiatan tersebut seperti Camat Jemaja Barat, Bhabinsa, Babinkamtibmas sert disaksikan oleh pendamping desa yakni Deva Syafutra.

“Bantuan itu diterima langsung oleh KPM sebanyak 61 orang, meskipun yang hadir diacara tersebut berjumlah 58 orang, sedangkan tiga orang lainnya berhalangan hadir akibat kondisi kurang sehat,” jelas dia.

Baca Juga:  Beruntung Jadi Anak Anambas, Sekolah Dokter Gratis

Kata dia, BLT DD adalah bantuan berbentuk uang tunai dan diberikan kepada pihak yang berhak menerimanya sesuai dengan data yang diajukan sebelumnnya. Hal ini bertujuan untuk mengurangi dampak ekonomi akibat adanya masa pandemi covid-19 yang masih melanda Indonesia bahkan dunia.

“Kegiatan tersebut berdasarkan (PMK) Nomor 222/PMK.07/2020 tentang Pengelolaan Dana Desa, pada pasal 39 ayat (1) disebutkan Pemerintah Desa wajib menganggarkan dan melaksanakan BLT Dana Desa , dan pada pasal 39 ayat (6) disebutkan Besaran BLT Dana Desa sebesar Rp. 300.000 (Tiga Ratus Ribu Rupiah) selama 12 Bulan,” ucap dia.

Baca Juga:  Menggenal Alat Musik Gendang Siantan

Sedangkan salah seorang Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Desa Keramut, Suwardi mengatakan, dirinya merasa bersyukur dengan adanya BLT DD ini. Hal ini sangat membantu baginya serta keluarga dalam menjalani keberlangsungan hidup.

“Saya hanya dapat bantuan dari BLT DD saja, bantuan lain tidak dapat lagi seperti pembagian sembako. Alhamdulilah, saya dan keluarga hanya bisa mengucapkan terima kasih,” tukasnya. (Fendi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here