Beranda Kepri Anambas Dinas PUPR Fokus Sumber Air Bersih

Dinas PUPR Fokus Sumber Air Bersih

58
0
Salah satu Gunung Bajau dilaksanakan pembangunan embung dalam program Pamsimas (foto Ignnews.id)

Ignnews, Anambas-Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) dalam perencanaannya pada tahun 2021 segera meningkatkan pelayanan terhadap kepentingan masyarakat.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas PUPR KKA, Andyguna K Hasibuan, ST menjelaskan, sumber air di Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) dinilai sangat menipis saat ini.

“Salah satunya di Bajau, Desa Nyamuk, Siantan dan Siantan Tengah. Sumber mata air tidak besar dan itu tidak mencukupi bagi kebutuhan warga sehari-hari,” ungkap Andi ketika ditemui Ignnews.id, kemarin.

Baca Juga:  Air Terjun Temburun Mengering Akibat Cuaca Panas

Kata dia, untuk Kecamatan Siantan terkait penataan air ke rumah warga-warga yang akan dilakukan perbaikan. Untuk diketahui di wilayah Bajau Desa Nyamuk Kecamatan Siantan Timur sumber airnya yang belum ditemukan, namun disana akan dilakukan pembangunan embung.

“Untuk wilayah Bajau dibangun embung sebagai penampung air dan airnya akan disalurkan ke warga sekitar,” ujar dia.

Tambahnya, Pemerintah Daerah KKA melalui Dinas PUPR telah mengusulkan program kerja kepada Balai Prasarana Permukiman Wilayah Kementerian PUPR belum lama ini agar dapat dibangun sistem pipanisasi jalur laut seperti yang diperuntukan terhadap masyarakat Desa Liuk, Desa Lidi, Desa Air Sena Kecamatan Siantan Tengah.

Baca Juga:  Rumah Kayu Palmatak Dilahap Si Jago Merah

“Disana juga kita ajukan pembangunan embung di Desa Teluk Sunting, Desa Muntai, Desa Air Nangak Kecamatan Siantan Tengah. Sumber air ada tapi debit airnya yang sedikit dan pasti tidak mencukupi kebutuhan masyarakat. Kita akan cari solusinya dan pembangunan sudah kita usulkan terkait hal tersebut,” jelas dia.

Ia juga menyampaikan, untuk proses irigasi di Kecamatan Jemaja Timur sebagian sudah dilaksanakan, namun perlu dilanjutkan pembangunannya. Intinya, pihaknya akan lebih konsentrasi terhadap pelayanan terhadap kebutuhan dasar masyarakat yakni sumber air.

Baca Juga:  Anambas Butuh Dokter Spesialis, Respon Positif

“Saya berharap kepada seluruh masyarakat dapat berperan aktif dan dukungannya untuk mendorong pembangunan,” tutur dia. (Rn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here