Diskominfo Anambas Jungkir Balik, Kenapa?

Foto Jeprizal selaku Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Kepulauan Anambas. (Foto Istimewa)
banner 120x600

Ignnews.id,ANAMBAS-Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kepulauan Anambas telah mengusulkan peningkatan akses jaringan telekomunikasi seluler menjadi akses jaringan internet kepada Pemerintah Pusat melalui program Kementerian Kominfo tower USO.

Pada tahun 2017 Kemenkominfo telah merealisasikan peningkatan jaringan internet di tiga titik yakni tower Kusik, Telaga dan Kiabu.

“Belum lama ini Kemenkominfo merealisasikan kembali atas usulan sebelumnya terkait peningkatan jaringan 2G menjadi 4G yakni di tower USO berada di Desa Rewak, Desa Mengkait, Desa Belibak, Desa Air Putih dan Desa Serat. Alhamdulilah, masyarakat disana sudah bisa menikmati akses jaringan internet,” ungkap Jeprizal selaku Kepala Dinas Kominfo kepada IGNNEWS.ID, Jum’at (29/5/2020).

Kata dia, program tersebut disubsidi oleh Pemerintah Pusat untuk wilayah yang berada di Kawasan Strategis Perbatasan Negara (KSPN). Upaya dari Pemda Anambas terkait kebutuhan dasar masyarakat khususnya akses jaringan telekomunikasi terus dilakukan, terkadang mengalami kendala akibat tidak memiliki kewenangan kebijakan sendiri.

“Artinya Pemerintah Pusat sudah merealisasikan sebagian usulan dari Pemda Anambas terkait kebutuhan jaringan bagi masyarakat. Regulasi dan proses juga harus dilalui,”jelas dia.

Lanjut dia, usulan yang sudah diresmi direalisasikan oleh Kemenkominfo yakni ada 8 titik tower yang disubsidi kan. Dari 17 usulan tersisa 9 titik yang masih menunggu realisasinya. Saat ini tenaga teknis masing-masing vendor sedang melaksanakan pekerjaannya.

“Sejumlah perangkat yang dibutuhkan oleh suatu tower dikerjakan sejumlah vendor yang memenangkan tender proyek Kemenkominfo. Intinya mereka terus bekerja.

Tambahnya, adapun titik tower yang bakal diaktifkan jaringan 4G diantaranya di Desa Impol, Desa Air Biru, Desa Bukit Padi, Desa Air Bini, Desa Piasan, Desa Lingai, Desa Batu Belah, Desa Munjan.

“Khusus Desa Putik itu tower Reguler untuk pelayanan jaringan 4G. Sekitar bulan Juli akan diaktifkan secara keseluruhan tower program USO tersebut,” sebut dia.

Untuk Desa Batu Belah dan Desa Munjan itu program USO dari Indosat belum bisa dipastikan kapan akan terialisasi. Pihaknya masih menunggu keputusan dari Kemenkominfo.

“Kita masih menunggu informasi dari Kemenkominfo terkait hal tersebut. Mudah-mudahan segera bisa direaliasikan,” tutup dia.(Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *