Dokter Gigi Kunjungi Sekolah, Ada Apa?

Drg. Fafi Dhzikra saat memeriksa gigi salah satu siswa (foto ignnews.id)
banner 120x600

IGNNews.id,Anambas-Usaha Kesehatan Gigi Sekolah (UKGD) merupakan salah satu kegiatan dari Puskesmas ke sekolah-sekolah yang ada di Anambas.

Salah satunya, seperti kegiatan pemeriksaan gigi dan mulut di
SDN Negeri 001 Desa Kuala Maras Kecamatan Jemaja timur, Sabtu (26/2/22) Pagi. Aktivitas berlangsung di ruangan lokal kelas ll.

Drg. Fafi Dhzikra selaku Dokter Gigi Ahli Muda didampingi oleh Meilina BR Sinaga, SKM, Promkes UPT Puskesmas Jemaja Timur. Selain itu, bidang promosi kesehatan sekaligus yang membantu kegiatan UKGS, Mei.

Peserta kali ini, merupakan pelajar SDN Negeri 001 Desa Kuala Maras. Terdiri dari kelas l,ll, lll, berjumlah 32 murid.

Fafi mengatakan, UKGS adalah suatu komponen dari UKS. Merupakan teknis pelayanan kesehatan gigi dan mulut bagi anak sekolah yang pelaksanaannya disesuaikan dengan kebutuhan tumbuh kembang anak.

Tujuan UKGS, terciptanya derajad kesehatan gigi dan mulut siswa yang optimal. Khusus siswa bisa memiliki pengetahuan tentang kesehatan gigi dan mulut.

Siswa mempunyai sikap/ kebiasaan pelihara diri terhadap kesehatan gigi dan mulut. Diharapkan, siswa binaan UKGS paket standar, paket optimal mendapat pelayanan medik gigi dasar atas dasar permintaan.

Upaya meningkatkan kesehatan dengan cara memperkuat pertahanan tubuh, misalnya mengkonsumsi nutrisi yang seimbang.

Menghindari faktor-faktor yang merugikan. Menghindarkan gigi dan mulut dari sisa-sisa makanan dengan cara menyikat gigi secara tepat dan teratur.

Menghindari kebiasaan buruk, misalnya menghisap jari dan menggigit pensil. Menghindari diri dari cidera, misalnya; membuka tutup botol dengan gigi, sikat gigi terlalu besar dan kasar, memecah kenari dengan gigi dan lain-lain.

Tambahnya , untuk anak-anak usahakan sikat gigi dua kali dalam sehari. Dimulai dari pagi setelah sarapan dan malam sebelum mau tidur ucap FAFI.

Hasil pantauan wartawan ignnews.id, di lapangan terlihat para murid bersemangat mengikuti pemeriksaan giginya oleh tim medis. (Fendi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *