Beranda Kepri Anambas FGD Terkait Penyusunan Pokir Kebudayaan Daerah

FGD Terkait Penyusunan Pokir Kebudayaan Daerah

86
0
Tampak foto para peserta FGD dan tim ahli saat acara berlangsung

Ignnews.id,Anambas-Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan mengandeng tenaga ahli dari Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) dalam Forum Group Discussion (FGD) tentang penyusunan pokok pikiran kebudayaan daerah.

Kegiatan FGD tersebut terlaksana di Aula Lantai lll Hotel Anambas Inn Kecamatan Siantan KKA sajak, 29-30 Maret 2021.

Dalam kata sambutan Dr. Masykur, ST. MM selaku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan mengatakan, berdasarkan undang undang nomor 5 tahun 2017 tentang pemajuan kebudayaan pada pasal 8 menyebutkan bahwa pemerintah kabupaten/kota wajib menyusun pokok pokok pikiran kebudayaan dalam rangka melindungi, mengembangkan dan memanfaatkan kebudayaan.

Baca Juga:  PWI Pusat Apresiasi Kepala Daerah Yang Perhatikan Media

Sehingga kebudayaan kebudayaan Indonesia pada umumnya dan khususnya Anambas tercatat dan diketahui oleh warga setempat dan Indonesia, yang tertuang dalam dokumen Pokok Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah kabupaten kepulauan Anambas,”ucapnya.

“Atas amanat tersebut Masykur menjelaskan, melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan KKA sebelumnya telah menganggarkan kegiatan perlindungan dan pengembangan kebudayaan, namun karena terjadi refuccusing anggaran pada tahun 2020 ditunda, namun tahun 2021 kita lanjutkan,” ucapnya.

Peserta saat melakukan diskusi

Menurut Masykur, penyusunan pokok pikiran kebudayaan daerah sangat penting karena kebudayaan adalah investasi bangsa dalam membangun peradaban dunia.

Baca Juga:  Janda Anak Empat Tewas Dicekik

Maka kepada tim penyusun pokok pokok pikiran kebudayaan daerah agar bekerja secara maksimal dalam menggali potensi objek kebudayaan daerah yang ada di anambas.

Saat bersamaan, Kepala Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Provinsi Kepri, Toto Sucipto juga mengatakan, bahwa ini adalah langkah awal kita menggali potensi kekayaan budaya dan terdokumentasi serta sebagai langkah nyata dari pemerintah daerah dalam pemajuan kebudayaan.

“Kami Tim penyusun butuh dukungan secara moral serta informasi tentunya. PPKD ini adalah pondasi kita untuk membuat program dan kegiatan perlindungan, pengembangan dan pemanfaatan kebudayaan di Anambas dan juga syarat mutlak untuk mendapatkan anggaran dari pusat yakni dana alokasi khusus,” ucapnya.

Baca Juga:  LPMD Candi Berbagi Santunan Kepada Anak Yatim

Toto Sucipto menyampaikan diantara 7 (tujuh) kabupaten/kota di Kepri, anambas yang belum menyusun pokok pokok pikiran kebudayaan.

“Kita menyambut baik dan mendukung kegiatan ini selaku pembina kebudayaan di wilayah kepulauan riau,”tuturnya. (Kadeni)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here