Beranda Kepri Anambas Fungsi Barcode pada Produk Dukcapil

Fungsi Barcode pada Produk Dukcapil

179
0
Salah satu contoh KTP yang ada barcodenya.

Ignnews.id,Anambas-Semenjak 1 Juli 2019 disahkannya Permendagri Nomor 109 Tahun 2019 tentang Formulir dan Buku yang digunakan Dalam Administrasi Kependudukan sudah dilengkapi dengan tanda tangan elektronik berupa QR code atau barcode.

Agus Basir selaku Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kepulauan Anambas menjelaskan barcode pada dokumen yang dikeluarkan Disdukcapil berfungsi untuk mencetak sendiri dokumen kependudukan dengan scanning barcode pada pelayanan yang kini bisa diakses melalui aplikasi mobile yang bisa diunduh di Playstore atau lewat Anjungan Dukcapil Mandiri.

Baca Juga:  Dinas PUPR Fokus Sumber Air Bersih

“Pemerintah sudah menerapkan Go Digital untuk pelayanan disdukcapil dengan barcode yang berfungsi sebagai mencetak dokumen sendiri” ungkap Agus Basir saat ditemui ignnews.id, kemarin.

Namun, mesin Anjungan Dukcapil Mandiri belum tersedia di Anambas, Disdukcapil hanya baru menerapkan sistem barcode pada dokumen kependudukan.

Agus Basir menambahkan dokumen yang sudah terdapat barcode tidak perlu dilegalisir lagi jika diperlukan karena sudah terdeteksi dengan bantuan alat card reader yang dapat membaca barcode.

“KTP elektronik atau dokumen-dokumen kependudukan lainnya yang sudah menggunakan barcode tidak perlu dilegalisir lagi karena sudah bisa terbaca valid atau tidaknya data dari pengguna, kecuali pada beberapa persyaratan yang membutuhkan legalisir dari disdukcapil, maka akan kami bantu juga,” tutupnya. (Thalia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here