H. Surya BSc Buka MTQN Ke – 53 Tingkat Kabupaten Asahan

H.Surys BSc Buka MTQN Ke 53 Kabupaten Asahan
banner 120x600

IGNNews.id,Asahan-Seluruh kafilah diharapkan dapat menampilkan kemampuan terbaiknya sehingga pada akhir pelaksanaan nanti diperoleh peserta terbaik dari Kabupaten Asahan. Dan peserta terbaik tahun ini akan menjadi Duta Kabupaten Asahan pada event MTQN tingkat Provinsi.

Hal itu disampaikan Bupati Asahan H. Surya BSc dalam sambutannya pada acara pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran Nasional (MTQN) ke – 53 tingkat Kabupaten Asahan Tahun 2022 yang diselenggarakan di Desa Rahuning I, Kecamatan Rahuning, Senin (14/02/2022).

Kemudian Bupati menjelaskan bahwa pelaksanaan MTQN tahun ini adalah merupakan tahun ke 12 sejak kegiatan tersebut digagas bersama Bupati terdahulu Almarhum Drs. Taufan Gama Simatupang MAP. Artinya pelaksanaan MTQN di Kabupaten Asahan telah dilaksanakan selama lebih kurang 12 tahun lamanya.

Untuk itu, kata Surya, dirinya menyampaikan ucapan terima kasih kepada masyarakat yang terus berusaha meningkatkan kualitas pembangunan khususnya di bidang keagamaan. Dan khusus kepada Camat dan Kepala Desa/Lurah diminta untuk dapat mendukung sepenuhnya pelaksanaan seluruh kegiatan berbasis keagamaan ini.

Selain itu Bupati juga tak lupa mengimbau masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Dikatakannya imbauan yang disampaikan Pemerintah ini juga merupakan anjuran agama dalam menjaga kebersihan dan kesehatan.

Sebelumnya Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Buwono Prawana SIP, MSi selaku Ketua Panitia Pelaksana MTQN ke – 53 tingkat Kabupaten Asahan dalam laporannya menyampaikan bahwa dasar pelaksanaan kegiatan tersebut adalah Surat Keputusan Bupati Asahan Nomor 16.1-BAG.KESRA/2022 tanggal 28 Januari 2022 tentang pembentukan panitia dan penyelenggara MTQ ke – 53 tingkat Kabupaten Asahan tahun 2022.

Dijelaskannya, pelaksanaan MTQN ke – 53 tingkat Kabupaten Asahan tahun 2022 yang dilaksanakan mulai tanggal 14 sampai 19 Februari 2022 itu diikuti oleh kafilah dari 25 Kecamatan se – Kabupaten Asahan dengan jumlah peserta sebanyak 919 orang, terdiri dari 480 putra dan 439 putri dan terdiri dari cabang Tilawah Al-Qur’an golongan Dewasa Putra/Putri 46, Golongan Remaja Putra/Putri 49 orang, Golongan Anak-anak Putra/Putri 49 orang, Golongan Tartil Putra/Putri 42 orang, Golongan Cacat Netra Putra/Putri 02 orang.

Cabang Hifzil Qur’an untuk katagori Golongan 1 Juz dan Tilawah Putra/Putri 49 orang, Golongan 5 Juz dan Tilawah Putra/Putri 46 orang, Golongan 10 Juz Putra/Putri 43 orang, Golongan 20 Juz Putra/Putri 17 orang, Golongan 30 Juz Putra/Putri 09 orang, Golongan Tafsir Al-Qur’an terdiri dari 3 bahasa (Arab, Indonesia dan Inggris PA/PI) 08 orang.

Sedangkan Cabang Hifzil Hadits Golongan 100 Hadits Bersanad Putra/Putri 19 orang, Golongan 100 Hadits Tanpa Sanad Putra/Putri 13 orang. Cabang Khattil Qur’an Golongan Naskah Putra/Putri 44 orang, Golongan Dekorasi Putra/Putri 37 orang, Golongan Hiasana Mushaf Putra/Putri 46 orang, Golongam Hiasan Kontemporer Putra/Putri 27 orang. Cabang Fahmil Qur’an Putra 69 orang, Cabang Fahmil Qur’an Putri 63 orang.

Cabang Syahril Qur’an Putra 66 orang, Cabang Syahril Qur’an Putri 72 orang. Cabang Qira’ah Sab’ah Mujawad Golongan Dewasa Putra/Putri 13 orang, Golongan Remaja Putra/Putri 15 orang. Cabang Qira’ah Sab’ah Murotal Golonga Dewasa Putra/Putri 13 orang, Golongan Remaja Putra/Putri 17 orang dan yang terakhir Cabang Karya Tulis Al-Qur’an Putra/Putri 20 orang.

Dalam pembukaan itu terlihat hadir Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin Siregar S.Sos, MSi, Ketua DPRD H. Baharuddin Harahap SH, MH,, Dandim 0208/Asahan Letkol Inf. Franki Susanto,, Kapolres Asahan AKBP Putu Yudha Prawira SIK, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Asahan Hj. Titiek Sugiharti Surya, Kepala OPD, Camat, dan seluruh Kepala Desa se Kabupaten Asahan.(yud)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *