Beranda Headline Hore…,Warga Sunda Kota Tanjungpinang Memiliki Sanggar

Hore…,Warga Sunda Kota Tanjungpinang Memiliki Sanggar

190
0
Peresmian sanggar seni sunda Paraguna Kota Tanjungpinang

Ignnews.id,Tanjungpinang-Saat ini Sanggar seni Sunda Paraguna Kota Tanjungpinang telah diresmikan dan Sebagai wadah yang melestarikan kesenian beserta nilai budaya yang terkandung didalamnya, Minggu (20/9/2020).

Ketua Paguyuban Pasundan Kota Tanjungpinang, Saiful Mukkoram, kegiatan ini sekaligus melantik pengurus Sanggar Seni Sunda Paraguna tingkat Kota Tanjungpinang. Sanggar seni ini nantinya akan berkonsentrasi pada upaya pelestarian nilai budaya sunda di Kota Tanjungpinang dimana pelaku seninya adalah orang orang sunda yg ada di Kota Tanjungpinang.

“Nama sanggar seni sunda Paraguna Kota Tanjungpinang langsung disematkan oleh Toto Sucipto yg sehari hari menjabat sebagai Kepala BPNB Provinsi Kepri (Balai Pelestarian Nilai Budaya). Paraguna (bahasa sunda kuno) berarti ahli seni. Alhamdulilah, kegiatan ini berjalan dengan baik dan lancar,” kata Saiful Mukkoram selaku Ketua Paguyuban Pasundan Kota Tanjungpinang saat menghubungi, Minggu (20/9/2020).

Baca Juga:  Bansos Rp9 Miliar, Mensos Sapa Warga Natuna

Kata dia, sanggar seni ini nantinya sebagai wadah yang melestarikan kesenian beserta nilai budaya yang terkandung didalamnya, dalam logo sanggar dilambangkan dengan alat seni angklung, seruling bambu, selendang tari dan Padi.

“Kelima unsur dalam lambang sanggar tersebut memiliki arti yg sangat Istimewa,” ungkap dia.

Foto bersama pengurus Paguyuban Pasundan Kota Tanjungpinang bersama pengurus sanggar seni sunda Paraguna (foto Istimewa)

Sanggar seni sunda Paraguna ini dipimpin oleh Kang Uus Kusdinar selaku Ketua Umum. Sanggar ini memiliki sumber daya seni yg cukup banyak seperti, Rampak Sekar, Calung, Jaipongan, Angklung, Degung, Sisingaan dan yg paling apik adalah adanya Upacara Adat Sunda yg dikemas dalam sebuah Acara Tradisi Penyambutan Khas Sunda.

Baca Juga:  BPBD Salurkan Bantuan Kepada Korban Kebakaran

Sedangkan, Wakil Ketua Paguyuban Pasundan Kota Tanjungpinang sekaligus menjabat sebagai Komandan Lanudal Matak Kabupaten Kepulauan Anambas, Mayor Laut (T) Arief Gunawan mengatakan, dirinya sangat bangga dan mengapresiasi kepada pengurus yang baru dilantik untuk menjalankan kelompok sanggar seni ini dengan baik dan lebih maju lagi.

“Saya harapkan semoga sanggar ini sebagai wadah ajang silaturahmi masyarakat sunda yang ada di Kota Tanjungpinang. Terlepas dari tugas dan pokoknya dalam memajukan nilai-nilai seni budaya Indonesia khususnya seni budaya sunda,” tutup dia. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here