Ini Upaya Pemda Anambas Mewujudkan Jaringan Internet Secara Maksimal

Tampak foto Tarempa sebagai ibukota Kabupaten Kepulauan Anambas (foto ignnews.id)
banner 120x600

ignnews.id,Anambas-Dengan adanya gangguan akses jaringan internet di Kabupaten Kepulauan Anambas yang dinilai dalam memberikan pelayanan belum maksimal maka Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas secara resmi menyurati pihak PT Telkom Indonesia.

Berdasarkan surat Bupati Kepulauan Anambas nomor:255/Kdh.KK.043/06.21 tanggal 7 Juni 2021, Permohonan Percepatan Pembangunan SKKL di Pulau Jemaja dan Pulau Matak dan berkenaan dengan tahapan percepatan pelaksanaan yang dilakukan oleh PT. Telkom Indonesia dapat disampaikan bahwa, Pemeintah Daerah mengucapkan terimakasih kepada PT. Telkom Indonesia terhadap penggelaran kabel laut yang sudah selesai dan terlaksana dengan baik.

“Meskipun kabel laut telah selesai digelar, namun belum dapat dirasakan pemanfaatannya karena tahapan dari sisi darat baik kabel tanam maupun kabel udara belum dilaksanakan,sehingga belum terintegrasi dalam percepatan dan perluasan layanan jangkauan infrastruktur digital untuk pemenuhan kebutuhan akses telekomunikasi,” jelas Jeprizal melalui tulisan yang disurati dan ditandatangani oleh Wakil Bupati Kepulauan Anambas, Wan Zuhendra, kemarin.

Lanjut dia, Pemda KKA meminta kepada PT. Telkom Indonesia untuk mempercepat proses tahapan pembangunan sampai terhubung dan terintegrasi ke tiga pulau besar di Kabupaten Kepulauan Anambas dan terus mendukung penyelesaian Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) Inter Island Anambas area sehingga mempercepat utilisasi jaringan tulang punggung serat optik nasional Palapa Ring Barat yang manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat perbatasan.

“Tentunya kami sangat berterimakasih atas pekerjaan yang telah selesai dilaksanakan, namun mempercepat utilisasi jaringan sebagai tulang punggung serat optik sangat dibutuhkan oleh masyarakat Kabupaten Kepulauan Anambas,” ucap dia.

Kata dia, terintegrasinya jaringan akses Telekomunikasi pembangunan Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) PT. Telkom Indonesia di Kawasan Strategis Perbatasan Negara (KSPN) Kabupaten Kepulauan Anambas

“Pastinya harapan bagi seluruh masyarakat dan Pemerintah Daerah dalam mewujudkan pertumbuhan Ekonomi, peningkatan sektor Pendidikan, kesehatan, Pariwisata, Perikanan, Perindustrian Perdagangan, UMKM dan lainnya, serta mempercepat pelayanan publik sampai ke tingkat Desa dan mendukung percepatan transformasi digital nasional,” tuturnya.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas telah menyurati Menteri BUMN RI dengan menerangkan beberapa hal tentang KKA yakni, Kabupaten Kepulauan Anambas adalah sebuah kabupaten di beranda terdepan Indonesia yang wilayah lautnya berbatasan langsung dengan negara Malaysia, Thailand, Kamboja, Filipina dan Singapura sehingga Kabupaten Kepulauan Anambas termasuk dalam Kawasan Strategis Nasional (KSN) dan Kawasan Strategis Perbatasan Negara (KSPN) serta ditetapkan sebagai Lokasi Strategis Prioritas Nasional (LOKPRI) oleh Badan Pengelola Perbatasan (BNPP) RI.

“Kondisi geografis Kabupaten Kepulauan Anambas yang terdiri dari beberapa gugusan pulau yang notabene merupakan daerah perbatasan, terluar dan
terdepan serta laut Kepulauan Anambas berada pada jalur alur laut Kepulauan Indonesia (ALKI-1) dan menjadi perairan jalur lintas internasional yang terdapat 5 (lima) pulau terluar,” terangnya.

Sejalan dengan nawacita Bapak Presiden RI yaitu membangun Indonesia dari daerah pinggiran memnperkuat daerah-daerah dan desa khususnya di daerah perbatasan, terluar dan terpencil dalam rangka NKRI.

Implementasi dari nawacita tersebut terbukti yaitu telah terbangunnya infrastruktur jaringan backbone serat optik palapa ring barat yang merupakan salah satu proyek strategis nasional di ibukota Kabupaten Kepulauan Anambas dan lengan telah dicanangkannya Kabupaten Kepulauan Anambas sebagai lokasi (GERBANGDUTAS) pada bulan maret 2020 oleh MENKOPOLHUKAM RI.

Gerakan Pembangunan Terpadu Kawasan Perbatasan
Dengan telah ditetapkan rencana pembangunan Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) di wilayah Kabupaten Kepulauan Anambas menghubungkan Pulau

Pulau Jemaja dan Pulau Siantan – Pulau Matak oleh PT. Telkom Indonesia yang akan menjadi gateway bagi masyarakat di Kabupaten Kepulauan Anambas agar bisa segera menikmati internet broadband dengan cepat.

Mengingat semakin meluasnya kebutuhan internet di hampir seluruh sendi kehidupan di era digital sekarang ini, sehingga kualitas kecepatan dan kemampuan internet menjadi sangat penting.

Berkenaan dengan hal tersebut diatas, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas memohon kepada Bapak Menteri untuk mendorong percepatan pembangunan Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) di Pulau Jemaja dan Pulau Matak yang sudah menjadi agenda prioritas pembangunan PT. Telkom.

“Itulah harapan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas dan upaya yang telah dilakukan untuk mewujudkan akses jaringan internet di wilayah perbatasan yakni KKA,” tukasnya. (ind)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *