Jaringan Telekomunikasi Lumpuh Total Tersambar Petir

Tower perbatasan lumpuh total di sambar petir (foto ignnews.id)
banner 120x600

ignnews.id,Jemaja-Petir menyambar sejumlah perangkat tower yang berdiri tegak di Dusun Kusik, Desa Rewak Kecamatan Jemaja, Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) mengakibatkan jaringan telekomunikasi dan internet lumpuh total selama beberapa pekan saat ini.

Jaringan telekomunikasi dan internet tersebut digunakan oleh masyarakat sekitar Kecamatan Jemaja Barat, nelayan yang sedang melaut di wilayah perbatasan kini tidak bisa berbuat banyak selain berharap tim teknis tower tersebut datang melakukan perbaikan.

“Dentuman petir itu disertai hujan lebat menyambar sejumlah perangkat tower saat itu. Tidak berselang beberapa detik, jaringan telekomunikasi dan jaringan hilang dan kini lumpuh total,” ungkap Yayan selaku warga Dusun Kusik kepada ignnews.id, Rabu (26/5/2021).

Sebagai warga yang mematuhi protokol kesehatan, Yayan mengatakan bahwa, tentu sangat merasa kesulitan tidak adanya jaringan tersebut. Kenapa tidak, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas telah mengeluarkan sejumlah surat edaran sehingga masyarakat tidak mengerti lagi surat edaran yang mana lagi yang harus dipatuhi.

“Jika jaringan telekomunikasi dan internet masih lancar, kami sebagai warga akan mendapatkan informasi secara berkala. Kini kami hanya berdiam diri sambil menunggu tim teknis melakukan perbaikan tower tersebut,” ujarnya.

Dirinya menceritakan, untuk mencapai ke pusat keramaian di Desa Rewak masyarakat harus menempuh jarak sekitar enam kilometer. Disana jaringan bisa dikatakan cukup kuat dan bisa mengakses sejumlah informasi.

“Perlu diketahui, di Desa Rewak ini memiliki dua tower. Tower yang berada di Dusun Kusik saat ini untuk kepentingan masyarakat perbatasan,” cetusnya.

Sedangkan, Muhammad Said selaku petugas atau penjaga tower Dusun Kusik mengatakan, dirinya telah melaporkan kejadian tersebut kepihak atasannya. Namun dirinya sendiri tidak bisa berbuat banyak, bagian perbaikan sudah ada tim tersendiri.

“Saya sudah pantau beberapa perangkat tower mengalami kerusakan. Saya disini hanya sebagai petugas menjaga tower tersebut. Jika ada mengalami gangguan, saya melaporkan. Itu saja tugas saya, selebihnya tim kantorlah yang akan turun untuk memperbaiki,” terang dia. (Fendi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *