Beranda Kepri Anambas Kadinkes Anambas Cakap Harga Alat PCR Tembus Rp 1 Miliar

Kadinkes Anambas Cakap Harga Alat PCR Tembus Rp 1 Miliar

280
0
Tim Tenaga Kesehatan Covid-19 Kabupaten Kepulauan Anambas saat melakukan tugasnya

ignnews.id,Anambas-Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan KB Kabupaten Kepulauan Anambas, Herianto menegaskan, akibat terjadi lonjakan kasus terpapar covid-19 beberapa dekade kuat dugaan saat liburan panjang sehingga masyarakat bertambah jumlah melakukan keluar masuk baik itu dari luar daerah maupun dari dalam daerah itu sendiri.

“Kita wajib mematuhi protokol kesehatan dan sabar menghadapi masa pandemi covid yang saat ini masih melanda,” kata Herianto kepada ignnews.id ketika dihubungi melalui telepon selulernya, Jum’at (27/8/2021).

Ketika ditanya terkait harga pembelian alat pemeriksaan Polymerase Chain Reaction (PCR) ia menjawab, nilainya sebesar Rp 1 Miliar dan hanya ada satu unit saja. PCR adalah pemeriksaan laboratorium untuk mendeteksi keberadaan material genetik dari sel, bakteri, atau virus. Material genetik yang ada di dalam setiap sel, bisa berupa DNA (deoxyribonucleic acid) atau RNA (ribonucleic acid).

Baca Juga:  Steven: Saya Pernah Harumkan Nama Anambas Di Olympiade Biology

“Kita beli awal terjadi masa pandemi covid-19 ini senilai Rp 1 Miliar untuk satu unit PCR,” ucapnya.

Ia menambahkan, jumlah tenaga kesehatan dalam penanganan covid-19 atau sama disebut tenaga Nakes berjumlah sekitar 153 orang. Setiap orang akan dibayar sesuai dengan statusnya, jika dari kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN) dibayar Rp 1 juta setiap bulannya sebagai uang tambahan sedangkan dari kalangan Pegawai Tidak Tetap (PTT) dibayarkan dengan nilai Rp 500 ribu setiap orang.

Lanjut dia, untuk pengadaan masker yang dibeli pihaknya ada beberapa jenis seperti jenis N95 berjumlah 21.925 unit, Masker Medis berjumlah 71.225 unit dan masker KN95 berjumlah 1.000 unit.

Baca Juga:  Kades Bayat Mundur Dari Jabatannya, Ada Apa?

“Masker-masker ini telah dibagikan kepada pihak yang berhak menerima,” ujarnya.

Ia menerangkan, obat yang akan digunakan bagi pasien yang terpapar covid-19 yakni, Chloroquin 150 mg( 400 mgr/hari selama 5 Hari ) Nor Epinefrin Injeksi Dobutamin ( 1 Vial /Kotak) levofloksacin ( 500 mlgr)
Azythromicyn ( Ziztik 500 ml) Multiviamin Bacefort Tab (100 Tablet/Kotak)Difase.

“Oleh karena itu, jaga kesehatan dan patuhi protokol kesehatan. Wajib menggunakan masker jika keluar rumah,” terangnya.

Ia menambahkan, upaya yang telah dilakukan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas dalam menggelar mengantisipasi dan penanganan penyebaran covid bahkan mengvaksinasi masyarakat diantaranya membuat isolasi terpadu agar masyarakat yang terpapar dapat dipantau oleh tim covid dan himbauan protokol kesehatan terus gencar dilakukan.

Baca Juga:  Duo Barcelona Bintang Kemenangan Argentina

“Kami juga mengajak warga untuk melakukan vaksinasi. Metode yang pernah dilakukan yaitu memberikan doorprize kepada warga agar datang untuk divaksin. Selain warga kita berikan juga kepada tim covid yang turun ke desa-desa dalam pelaksanaan vaksinasi,” tutup dia. (Fnd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here