Kepedulian Keamanan Anak, Kapolres Anambas Sebarkan Stiker Himbauan

Stiker himbauan dari Kapolres Kepulauan Anambas
banner 120x600

IGNNews.id,Anambas-AKBP Syafrudin S Sakti selaku Kapolres Kepulauan Anambas membuat sebaran tentang himbauan bagi seluruh masyarakat anambas terkait isu maraknya tentang penculikan anak yang banyak terjadi di sejumlah daerah Indonesia, sebaran itu untuk mencegah dan meningkatkan kewaspadaan orang tua terhadap anak saja.

“Stiker pengumumaan melalui media sosial, aplikasi medsos juga kita sebarkan. Sebelum terjadi lebih baik kita cegah,” kata AKBP Syafrudin Semidang Sakti ketika dihubungi ignnews.id, Sabtu (4/2/2023).

Kapolres Kepulauan Anambas hampir dua tahun menjabat di wilayah hukum anambas mengatakan, persoalan perlindungan anak semua pihak wajib ikut serta melindunginya. Oleh karena itu ia juga telah memerintahkan anggota Polres baik yang berada di Polsek agar tetap meningkatkan kewaspadaan dan terus melakukan pantauan apabila ada potensi-potensi adanya terjadi perbuatan tindakan tersebut langsung tindak dan proses.

“Waspada harus dilakukan. Semua pihak wajib ikut peran serta meningkatkan keamanan di lingkungannya masing-masing,” tukas dia.

Dalam upaya pencegahan penculikan anak kepada orang tua dan pihak sekolah :

1. Kenal Orang Asing ajari anak agar tidak berinteraksi dengan orang yang tidak dikenal, Ingatkan selalu agar tidak menuruti ajakan orang.

2. Dampingi Anak-Anak usia TK hingga SD, orang tua wajib mendampingi trutama saat berada di luar rumah, Untuk anak usia remaja bekali mereka dengan alat komunikasi,

3. Keadaan Darurat Dalam kondisi terpaksa, ajari anak untuk berteriak, memanggil nama orang tua atau menangis bertujuan menarik perhatian orang sekitar agar datang membantunya.

4. Pulang Berkelompok Ajari anak agar selalu berkelompok usai pulang sekolah, Biasakan anak menunggu jemputan di dalam area sekolah.

5. Hindari Menggunakan Barang mewah misal menggunakan perhiasan atau gadget mencolok untuk anak usia SD.

6. Laporkan Jangan segan untuk melaporkan kepada petugas yang berwajib seperti polisi, Linmas atau petugas pengaman lainnya yang terdekat Apabila melihat kejadian penculikan, juga bisa segera menghubungi anggota Polsek atau langsung lapor ke Polres terdekat. (Fendi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *