Ketum DMI Pusat Sholat di Masjid Agung Al Hikmah

Jusuf Kalla juga menjabat Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) saat berkunjung ke masjid agung Al Hikmah Tanjungpinang (ft-ignnews.id)
banner 120x600

IGNNews.id,Tanjungpinang-Dalam agenda kerja ke Provinsi Kepulauan Riau, Ketua Umum PMI yang juga menjabat Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla menyempatkan diri menunaikan ibadah Sholat Dzuhur berjamaah bersama Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad, di Masjid  Agung Al-Hikmah, Tanjungpinang, Kamis (19/01/23)

Sebelum sholat Dzuhur berjamaah dilaksanakan Ketua Umum DMI Jusuf Kalla memberikan pengarahan kepada seluruh pengurus Dewan Masjid Provinsi dan Kabupaten/ Kota di Provinsi Kepulauan Riau. Dalam pengarahannya Jusuf Kalla meminta agar masjid bukan hanya untuk dimakmurkan, namun bagaimana masyarakat sekitar juga dapat dimakmurkan oleh masjid.

“Peran dewan masjid itu bukan hanya memakmurkan masjid, tapi bagaimana masyarakat sekitar juga dapat dimakmurkan. Keberadaan dewan masjid juga harus bisa mensejahterakan jamaah dan masyarakat sekitar,” ungkapnya

Dikesempatan ini, Jusuf Kalla juga memaparkan sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk memakmurkan masjid. Salah satu cara menurut Jusuf Kalla adalah dengan menata ulang tata suara di masjid. Pasalnya, jika sound system di masjid atau suaranya tidak jelas, maka akan membuat jamaahnya kurang nyaman saat berada di dalamnya.

Kemudian, mengisi beragam kegiatan yang menyasar jamaah masjid dalam berbagai kelompok usia dan latar belakangnya. Apabila kegiatan masjid monoton dan tidak sesuai dengan selera, maka bisa jadi masjid hanya akan diisi oleh jamaah usia tua.

“Bagaimana caranya generasi muda itu semakin tertarik untuk mengisi masjid, beraktifitas dan beribadah di masjid. Ini harus dikelola dengan baik, sehingga masjid jangan cuma diisi orang-orang tua saja,” katanya

Selain itu, dirinya meminta agar DMI mampu menggandeng kalangan perbankan untuk mensosialisasikan cara mendapatkan bantuan modal. Sedangkan, di dalam masjid bisa diselenggarakan pertemuan antara pengusaha kecil di sekitarnya. Kalau bisa melakukan hal-hal seperti itu, maka gagasan memakmurkan dan dimakmurkan masjid bisa terwujud.

“Dan DMI juga berkewajiban mendorong masjid-masjid di wilayah ini untuk bisa memakmurkan dan dimakmurkan masjid,” tuturnya. (fr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *