Natuna  

Kilas Balik Sejarah Pesawat Herkules, Bagi Masyarakat Natuna

banner 120x600

Danlanud Raden Sadjad, Kolonel (Pnb) Jajang Setiawan saat menceritakan sejarah pesawat Hercules di gedung VIP Graha Sersan

Ignnews.id, Natuna – Mungkin bagi sebagian anak muda jaman sekarang belum pernah mengetahui dan merasakan, bahwa akses atau alat transportasi yang sangat membantu bagi kemajuan dan perkembangan kabupaten Natuna dari sebelum pemekaran hingga sekarang.

Alat transportasi selain kapal laut pesawat Hercules cukup berperan penting dalam proses kemajuan suatu daerah terutama diwilayah kabupaten Natuna.

Sejak tahun 1980 an, pesawat C-130 Hercules pertama kali mendarat di lanud Ranai guna mengantisipasi dampak perang Vietnam seperti pengungsi Vietnam dan kamboja.

Kemudian pembangunan lanjutan dilaksanakan kembali pada Tahun 1975, landasan diperkeras, diperlebar dan diperpanjang menjadi 200 m, sehingga landasan memiliki dimensi 2.550 X 32 m. Serta ada pembangunan fasilitas lain berupa penambahan apron, albanav (NDB, R/W light dan tower), hangar dan apron barat, scramble area di RW 36. Dan Tahun 1980 pembangunan lanjutan Lanud Ranai dinyatakan selesai dan diresmikan oleh Menhankam Pangab pada masa itu, Jenderal TNI M. Jusuf.

“Pesawat Hercules sangat berperan dalam pembangunan daerah dan khususnya di bidang perhubungan udara yang sangat membantu kelancaran pemerintahan daerah dan sosial masyarakat di Natuna,” kata Komandan Lanud Raden Sadjad, Kolonel (Pnb) Jajang Setiawan, S.M., M.Han., PSC(J) saat menceritakan sejarah singkat Lanud Raden Sadjad. Rabu (19/4/2023).

Pesawat Hercules inilah salah satu alat transportasi udara yang dipergunakan untuk mengakut berbagai bahan kebutuhan pokok dalam menunjang serta memenuhi kebutuhan masyarakat Natuna.

“Hingga kini pesawat Hercules masih diperuntukan dan dipergunakan untuk mengakut sejumlah kebutuhan. Seperti belum lama ini pesawat Hercules membantu membawa kebutuhan untuk masyarakat yang terdampak dari bencana tanah longsor di kecamatan Serasan,” ucapnya.

Hal senada disampaikan oleh Parman warga Ranai yang mengaku sangat terbantukan dengan keberadaan pesawat Hercules di lanud RSA.

“Dahulu kita warga Ranai yang ingin melanjutkan pendidikan ketingkat lebih tinggi sangat kesulitan dengan minimnya transportasi. Pesawat Hercules ini lah yang menjadi prioritas utama bagi masyarakat untuk dapat meraih mimpi kita untuk bisa kuliah,” paparnya.

Tambahnya, pesawat Hercules ini juga sangat membantu masyarakat yang mengalami musibah dan harus dirujuk ke Rumah Sakit yang lebih lengkap.

“Alhamdulillah, dengan adanya pesawat Hercules warga kita yang pernah mengalami musibah merasa sangat terbantu kan dengan berobat keluar Natuna. Pokoknya pesawat Hercules sangat berperan penting bagi masyarakat Natuna,” pungkasnya. Laporan (Hardiansyah).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *