Kolaborasi CSR PT BIIE & PT BRC, 37 Anak Bintan Dapat Beasiswa Gratis Kuliah Di SBTI & PBC

Pemukulan gong tanda penandatanganan beasiswa Bintan Inti Cakrawala di PBC Lagoi, Jumat (25/8/2023) foto oleh Aan
banner 120x600

BINTAN – PT Bintan Inti Industrial Estate (BIIE) dan PT Bintan Resort Cakrawala (BRC) berkolaborasi dalam pengembangan pendidikan untuk Sumber Daya Manusia (SDM) di Kabupaten Bintan. Tahun ini, dua perusahaan di bawah naungan Gallant Venture tersebut memberikan beasiswa kepada 37 anak di Kabupaten Bintan.

Beasiswa yang bernama Bintan Inti Cakrawala ini memberikan sekolah gratis di perguruan tinggi Sahid Bintan Tourism Institute (SBTI) dan juga Politeknik Bintan Cakrawala (PBC) untuk jenjang pendidikan diploma.

Pemberian beasiswa tersebut diserahkan secara simbolis di Aula PBC di Kawasan Wisata Lagoi, pada Jumat (25/8/2023) siang. Dalam penyerahan tersebut juga dihadiri 37 calon mahasiswa beserta orangtua atau wali.

Dalam kesempatan tersebut, Tiara Cahyadi Putri, salah seorang mahasiswa penerima beasiswa Bintan Cakrawala tahun lalu menyampaikan pengalamannya berkuliahnya yang sangat menarik. Menurutnya, di Bintan Cakrawala tidak hanya dilatih belajar untuk pintar secara akademik saja, namun juga diajarkan bagaimana berorganisasi yang baik dan menarik.

“Jadi tidak hanya prestasi akademik saja. Keseruan di sini kami diberikan mentoring yang baik, sikap, tingkah laku dan berkomunikasi yang baik juga diajarkan dan ditanamkan kepada para mahasiswa,” ungkapnya.

Tiara juga menyampaikan, rasa terimakasih kepada Gallant Venture yang sudah memberikan beasiswa kepada dirinya dan membimbing dalam mendapatkan prestasi dan juga skill dalam dunia pariwisata yang luar biasa.

Prosesi penandatanganan kerjasama beasiswa Bintan Inti Cakrawala oleh PT BIIE, PT BRC dan juga perwakilan orangtua mahasiswa penerima beasiswa, Jumat (25/8/2023) foto oleh Aan

Sementara itu, Hebron Habeahan, GM Finance and Admin PT BRC menjelaskan pada tahun ini beasiswa yang diberikan berubah nama menjadi Bintan Inti Cakrawala, hal ini karena adanya kolaborasi bersama PT BIIE.

“Beasiswa tahun ini ada 37 anak, meraka akan mengeyam pendidikan di SBTI dan PBC. 37 tunas-tunas muda penerima beasiswa ini tentunya sudah melalui seleksi oleh pihak kami,” jelasnya,

Ia menambahkan, sekolah di PBC dan SBTI ini merupakan pilihan yang tepat. Hal ini karena saat ini dunia pariwisata sedang melesat naik pasca pandemi yang melanda dunia.

“Kami harapkan bakat-bakat adik-adik dapat diasah. Belajar di Bintan Resort merupakan hal yang tepat karena merupakan rumah hotel-hotel besar di Bintan dan juga Indonesia. Di sini 90 persen tamu hotel adalah orang asing. Kedepan dalam satu atau dua tahun lagi akan beroperasi 3 hotel baru yang diperkirakan akan menampung 2.000 ribu tenaga kerja,” ungkapnya.

Selain beasiswa di Bintan, Hebron juga menyampaikan pihaknya juga memberikan beasiswa bagi anak Bintan untuk bersekolah di perguruan tinggi di luar wilayah Bintan seperti Pulau Jawa dan Sumatera. Bahkan untuk program beasiswa di Singapura, Bintan Resort memiliki program beasiswa Shatec yang diperuntukkan untuk anak Bintan juga.

“Kepedulian pendidikan ini kami yakini akan memberikan dampak kenaikan bagi taraf hidup masyarakat Bintan. Karena pendidikan sangat berbanding lurus terhadap taraf kehidupan masyarakat. Saya berharap dalam 10 atau 20 tahun mendatang, anak-anak Bintan menjadi petinggi di hotel-hotel yang ada disini,” ungkapnya.

foto bersama usai prosesi pendatanganan kerjasama beasiswa Bintan Inti Cakrawala 2023, Jumat (25/8/2023) foto oleh Aan

Sementara itu, Aditya Laksamana, GM PT BIIE menyampaikan pesan kepada para orangtua dan juga calon mahasiswa menyampaikan untuk memanfaatkan kesempatan kuliah di SBTI dan juga PBC ini. Menurutnya tidak hanya anak, orang tua juga wajib memiliki cita-cita yang sama seperti anaknya dan berusaha bersama untuk mewujudkannya.

“Kami tentunya berharap anak-anak yang hari ini masuk masa orientasi dapat memupuk semangat untuk menjadi maju dalam pendidikan. Pinter saja tidak cukup, namun harus tanamkan etika dan komunikasi yang baik dalam pendidikan ini,” sebutnya.

Ia mengatakan, saat ini permasalahan penggunaan gadget menjadi perhatian di kalangan remaja dan juga anak muda. Menurutnya kebiasaan itu harus diubah dengan pola pendidikan yang baik dan tepat.

“Kami terus berupaya meningkatkan mutu pendidikan dan SDM lokal. Setiap tahun kami berupaya memberikan beasiswa kepada pelajar di sekitar kawasan. Hal ini kami lakukan agar anak-anak tempatan mendapatkan pondasi yang kuat dalam pendidikan dan akan bersaing di industri yang ada di wilayahnya,” ucapnya.

Ia mengatakan, PT BIIE sejak tahun 1997 sudah memberikan kontribusi beasiswa kepada siswa wajib sekolh mulai dari SD hingga SMA dan pada tahun 2020 mulai memberikan beasiswa ke perguruan tinggi untuk anak-anak Bintan,” terangnya.

Sementara itu, Budi Susilo perwakilan Dinas Pendidikan Kepri dalam sambutannya menyampaikan kepada para calon mahasiswa untuk nentinya belajar dengan baik. menurutnya pendidikan ini akan meningkatkan harkat dan martabat anak-anak Bintan.

“Kedepannya kami berharap beasiswa ini tetap berlanjut dan lebih luas lagi calon penerimanya,” terangnya.

Ia juga berpesan agar para penerima beasiswa ini idak putus di tengah jalan dalam mengeyam pendidikan. Ia juga menyampaikan kesempatan kuliah di Lagoi ini sangat istimewa karena mendapatkan fasilitas yang mumpumi dan dapat belajar langsung di lapangan yang memiliki hotel dan tamu asing.

“Tempat ini sangat istimewa, fasilitas pendidikan lengkap, belajar langsung di hotel-hotel besar, pastinya pengalamannya banyak dan pendidikan berstandar internasional,” ucapnya.

Sementara itu, sebelum melakukan penandatangan kerjasama pendidikan ini, ditandai dengan pemukulan gong tanda program beasiswa Bintan Inti Cakrawala telah dimulai. Dalam acara tersebut juga dihadiri oleh Camat Teluksebong, Camat Seri Kuala Lobam, perwakilan PBC dan SBTI. (Aan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *