Beranda Headline KRI Usman Harun 359 Mengamankan 2 KIA

KRI Usman Harun 359 Mengamankan 2 KIA

27
0
Proses penyerahan barang bukti penangkapan KIA berkebangsaan Vietnam

Ignnews.id,Natuna- KRI Usman Harun 359 mengamankan 2 Kapal Ikan Asing asal Vietnam sedang mencuri ikan diperairan sekitar ZEEI Laut Natuna. Kedua KIA ditangkap sekitar 80 NM arah Barat Laut dari Pulau Laut.

Proses penangkapan KIA tersebut, KRI Usman Harun 359 melaksanakan pengidentifikasian dan pengejaran, penangkapan serta penyelidikan (Jarkaplid) terhadap 2 (dua) buah kapal yang diduga KIA kebangsaan Vietnam melakukan kegiatan illegal fishing.

“Dengan kecekatan para anggota personel KRI USH-359, kita berhasil mengamankan 2 KIA kebangsaan Vietnam yang sedang melakukan pencurian ikan disekitar ZEEI Laut Natuna,” kata Komandan KRI USH-359 Kolonel Laut (P) Binsar Alfret Syaiful Sitorus, usai menyerahkan berkas barang bukti penangkapan, Senin (21/9), kemarin.

Kolonel Laut Binsar menjelaskan, kronologis penangkapan pada hari Sabtu tanggal 19 September 2020, setelah melihat objek di radar, di sekitar ZEEI Laut Natuna Utara, KRI USH-359 langsung melaksanakan pengidentifikasian dan pengejaran, penangkapan serta penyelidikan (Jarkaplid) terhadap 2 (dua) buah kapal yang diduga KIA kebangsaan Vietnam yang sedang melaksanakan kegiatan illegal fishing di Wilayah Pengelolaan Perikanan Negara Republik Indonesia.

Baca Juga:  Heboh, Mayat Penyinso Ditemukan Telungkup Dalam Hutan

“Dari proses Jarkaplid yang dilaksanakan itu,KIA berbendera Vietnam itu diduga keras telah melakukan pelanggaran penangkapan ikan di ZEEI tanpa dilengkapi dengan surat dokumen perizinan yang sah dari pemerintah Indonesia, berupa SIUP dan SIPI, sehingga kedua KIA kita bawa menuju dermaga Posal Sabang Mawang, Lanal Ranai,” jelasnya.

Ia juga menegaskan, setelah proses penangkapan KIA tersebut pihaknya langsung melaksanakan pemeriksaan terlebih dahulu sesuai dengan prosedur penanganan dan antisipasi penyebaran Covid-19, ABK asal WNA Vietnam.

“Dari hasil pemeriksaan alat angkut orang dan barang sesuai dengan International Health Regulations (IHR) tahun 2005 dan UU No. 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan yang diterapkan kepada Nahkoda dan ABK tersebut, tidak terdapat yang memiliki suhu badan tinggi atau teridentifikasi Covid-19. Rata-rata suhu badan Nahkoda dan ABK KIA Vietnam 35° Celcius s.d 36° Celcius,” paparnya.

Baca Juga:  Briptu Irwansyah Berinisiasi Tempel Jalan Berlubang

Sebelumnya, Komandan KRI USH-359 Kolonel Laut (P) Binsar Alfret Syaiful Sitorus telah menyerahkan berupa 2 unit KIA Vietnam dengan nomor lambung BV 5075 TS dengan 3 orang ABK termasuk Nahkoda dan BV 92658 TS dengan 10 ABK termasuk ABK, yang kesemuanya berkebangsaan Vietnam.

“Berkas Serah Terima Barbuk dari Komandan KRI USH-359 Kolonel Laut (P) Binsar Alfret Syaiful Sitorus sudah kami terima dan selanjutnya akan kita proses lebih lanjut,” kata Komandan Lanal Ranai, Kolonel Laut (P) Dofir diwakili Palaksa Letkol Laut (KH) Kadek Ary Pambudi S.H di Dermaga Posal Sabang Mawang.

Baca Juga:  Berpergian Harus Miliki Surat Sakti Dimasa Pandemi Covid-19

Setelah menerima Barbuk dan ABK KIA asal Vietnam, Letkol Laut (KH) Kadek Ary Pambudi S.H., berserta seluruh tim penerima membawa kedua Nahkoda dan seluruh ABK ke Mako Lanal Ranai untuk proses lebih lanjut sesuai hukum yang berlaku di Indonesia, sedangkan Barbuk kedua Kapal di sandarkan di Dermaga Posal Sabang Mawang. (Rd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here