Beranda Kepri Anambas Kunjungan Wisman Ke Anambas Menurun Dampak Pandemi Covid-19

Kunjungan Wisman Ke Anambas Menurun Dampak Pandemi Covid-19

220
0
Kunjungan Wisman di Pantai Padang Melang, Jemaja, Anambas. Foto sebelum masa pandemi covid-19 (istimewa)

Ignnews.id,Anambas-Jumlah wisatawan di Anambas menurun pada tahun 2020. Ini diakui merupakan dampak dari pandemi covid-19 yang melanda dunia khususnya Indonesia.

Diketahui hasil rekapitulasi data Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud), kunjungan wisatawan ke Anambas dari tamu hotel, kunjungan pada destinasi wisata dan kunjungan wisman tahun 2020 hanya berjumlah 14.618 dibandingkan tahun 2019 sebanyak 109.305 wisatawan.

“Meski demikian, kami gencar mempromosikan objek wisata. Namun, dampak pandemi covid-19 cukup signifikan di dunia pariwisata khususnya di Anambas,” ucap Ici Sukmanniar, Kepala Seksi Promosi Wisata Dalam dan Luar Negeri Kabupaten Kepulauan Anambas saat dikonfirmasi awak media ini melalui telpon selulernya, Kamis (4/3/2021).

Baca Juga:  Vaksin Sinovac Dikawal Ketat Oleh Personil Polres Anambas

Ici mengakui, sejak pandemi banyak wilayah yang memperketat jalur keluar dan masuk, bahkan objek wisata banyak ditutup untuk menghindari penyebaran covid-19.

“Ini merupakan kebijakan Pemerintah Pusat dan berlaku hingga ke daerah. Dengan adanya PSBB dan lockdown, sehingga sejumlah wilayah belum berani membuka objek wisata,” ucapnya.

Selama masa pandemi, kata Ici, Disparbud Anambas hanya melakukan promosi melalui media sosial. Dan apabila masa transisi pandemi covid-19 berjalan, maka Anambas juga akan melakukan penyesuaian untuk kunjungan wisatawan.

“Saat ini pun, sudah ada sebagian wisatawan lokal melakukan kunjungan ke objek wisata Anambas. Itu sah-sah saja, dan kita himbau para wisatawan tetap disiplin terhadap protokol kesehatan. Mudah-mudahan, pandemi ini segera berlalu, agar semua aktivitas bisa berjalan lancar dan objek wisata kembali dibuka,” jelasnya. (Kdn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here