Laksanakan Pelatihan Bagi Komunitas Literasi

Tampak foto bersama saat melakukan acara pelatihan Komunitas Literasi Seluruh Kabupaten Kepulauan Anambas
banner 120x600

IGNNews.id,Anambas- Pihak Kantor Bahasa Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa di bawah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud-Ristek) melakukan pelatihan Komunitas Literasi Se-Kabupaten Kepulauan Anambas.

Kegiatan berlangsung di Aula Anambas Resort, Jalan Tanjung Tebu, Selasa (15/3/22) Pagi. Dilaksankaan tiga hari sampai 17 Maret mendatang.

Diikuti 30 peserta dari berbagai kalangan. Banyak materi yang akan didapatkan

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kepulauan Anambas, Sahtiar melantik kepengurusan daerah Forum Taman Bacaan Masyarakat (FTBM) Anambas.

Hedtiandri sebagai Ketua FTBM Kabupaten Anambas serta Hettiandra sebagai Sekretaris dan Azizah S.Pd. I sebagai Bendahara. Dibantu 10 orang pengurus dan anggota lainnya.

Kepala Kantor Bahasa Kepri, Asep Juanda menyebutkan, bahwa terbentuknya FTBM di Anambas merupakan sebuah dorongan dalam upaya menanamkan budaya literasi. Harapannya masyarakat khususnya pelajar gemar membaca sebagai jendela informasi.

“Saya sangat mendukung segala kegiatan yang berkaitan dengan literasi, apalagi dalam upaya memajukan generasi bangsa agar menjadi lebih berkopeten dalam dunia pendidikan dan menjadi bangsa yang hebat,” sebutnya.

Selain itu, ia juga mengungkapkan, bahwa Anambas sebagai TBM terbesar se-Kepri. Memiliki 3.500 buah buku, juga telah dinobatkan sebagai salah satu dari 30 Kampung Literasi se-Indonesia.

Sudah saatnya ada sebuah forum dalam mewadahi setiap tempat bacaan.

Dengan prestasi yang telah diberikan oleh Anambas, sudah semestinya ada organisasi FTBM.

“Tidak hanya kepada taman bacaan yang sudah ada, masyarakat yang ingin memajukan dunia pendidikan terutama dalam literasi juga masuk dalam tupoksi sebuah forum ini,” ungkap Asep.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Daerah Anambas Sahtiar mengakatan, bahwa sangat mendukung kegiatan literasi.
Tujuannya memberikan motivasi kepada masyarakat untuk kemajuan Sumber Daya Manusia (SDM).

Menurutnya di tengah perkembangan zaman saat ini butuh penanaman budaya membaca agar tidak hilang.

“Saya sangat mendukung adanya FTBM di Anambas. Selain untuk meningkatkan budaya membaca di tengah era yang telah modern, budaya membaca juga sebagai dorongan dalam dunia pendidikan agar melahirkan generasi atau SDM yang unggul dan berkopeten,” kata Sahtiar.

Ia juga mengaku kaget dengan prestasi yang telah diberikan oleh Anambas seperti TBM terbesar di Kepri.

“Saya kaget ternyata Anambas mendapat beberapa prestasi yang sangat bagus, khususnya TBM Anak Bangsa dan ini harus dipertahankan juga ditingkatkan lagi,” tuturnya.

Kemudian Sahtiar juga berpesan, kepada pengurus yang dilantik bisa kompak. Menjalankan amanah dengan lapang dada sebagai organisasi yang tujuannya mendorong dunia pendidikan indonesia menjadi lebih baik.

“Saya harap para pengurus tetap kompak sehingga bisa menciptakan generasi yang sadar literasi dan menjadikan anak bangsa menjadi menonjol di dunia pendidikan,” ucap Sahtiar. (Hms FTBM/fnd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *