Lama Menunggu, Pengungsi Afganistan Minta Pindah Negara

Warga Afganistan minta kejelasan dan pindah negara
banner 120x600

IGNNews.id,Tanjungpinang- Pengungsi Afganistan menggelar demo yang ke-14 kalinya. Mereka minta dipindahkan ke negara ketiga oleh United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR).

Demo dilakukan di Depan Kantor UNHCR di Jalan Peralatan Kilometer 7 Tanjungpinang Timur, Kamis (3/2).

Diikuti 330 pengungsi dan pencari suaka Afganistan.

Salah satu perwakilan pengungsi, Yahya Zan Malik berkata pihaknya sudah menderita selama 10 tahun, namun tak kunjung mendapat kepastian.

“Sudah bertahun-tahun kita di sini, tidak permasalahkan pemerintah Indonesia, hanya meminta proses pengiriman ke negara ketiga. Kami meminta penjelasan untuk proses pemukiman kepada organisasi yang bertanggung jawab UNHCR. Sejak 4 bulan yang lalu ini yang ke 14, belum ada hasil atau penjawaban yang memuaskan,” katanya.

Dikatakan pengungsi saat ini banyak yang menderita depresi dan sudah sangat putus asa.

“Pengungsi makin putus asa, makin depresi belum ada kepastian sudah hampir satu dekade. Kami sudah cukup menderita. Sejak negara kami diambil alih kami putus komunikasi dengan keluarga kami,”ujarnya.

Malik khawatir jika tak kunjung diberikan kepastian untuk dipindahkan akan menimbulkan lebih banyak korban dari pengungsi.

“Kami berkorban, sudah 30 bunuh diri. Dalam satu bulan ini kami kehilangan empat orang. Kami semua menderita gangguan kecemasan mental,”ungkapnya.

“Kami sampaikan aspirasi kami belum ada kepastian. Kami harap pemerintah Indonesia dapat menjadi penyambung suara kami.” tambahnya. (dlp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *