Beranda Kepri Anambas Masker Bekas Potensi Penyebar Penyakit

Masker Bekas Potensi Penyebar Penyakit

77
0
Kantor Dishub dan Lingkungan Hidup Kabupaten Kepulauan Anambas

ignnews.id,Anambas-Kepala Bidang Pengelolaan Sampah, Limbah B3 dan Pengendalian Pencemaran, Risdayani mengatakan, bahwa limbah masker memiliki dampak negatif pada pencemaran lingkungan dan dapat menularkan penyakit, Senin (7/6/2021).

“Kalau limbah masker masyarakat kita tetap menghimbau untuk menggunakan masker kain agar bisa dicuci dan dipakai lagi,”ungkap Risdayani pada saat dihubungi ignnews.id, Senin (7/6/2021).

Ia juga sangat menyayangkan bahwa pihak yang lain juga tidak memgerti dan malah memilih membagi-bagikan masker medis padahal sudah ada himbauan untuk menggunakan masker kain agar mengurangi limbah medis dan penularan penyakit.

Baca Juga:  Bisnis Baru Ikan Simbok Salai Sangat Gurih

“Kita sangat menyayangkan seluruh pihak tidak memahami, membagi-bagi masker aja kan membagi-bagi masker medis padahal kita sudah menghimbau,” imbuhnya.

Dalam pemakaian masker medis akan menimbulkan penyebaran virus lagi jika tidak dikelola ataupun dibuang dengan benar.

“Masker yang sudah dipakai direndam dengan disinfektan atau klorin kemudian digunting dan diputuskan talinya dan dibuang ke tempat sampah domestik/kubur jangan digabungkan dengan sampah rumah tangga agar tidak menimbulkan penyakit lain,” jelas dia.

Ia berharap untuk kedepannya masyarakat dapat menggunakan masker kain untuk dapat mengurangi limbah dan kepada pihak-pihak lain yang membagikan masker dapat memberikan masker kain bukan masker medis.

Baca Juga:  Harga Ikan, Daging Ayam Stabil, Telor Alami Kenaikan

“Saya sangat menghimbau kepada masyarakat untuk menggunakan masker kain dibandingkan masker medis, karena limbahnya juga akan lebih tinggi, selain itu ditakutkan juga virus dapat lebih tersebar,” tutupnya. (Thalia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here