Masyarakat Desa Munjan Mendaki Gunung Peroleh Jaringan Telekomunikasi

Terlihat anak-anak Desa Munjan Kecamatan Siantan Timur Kabupaten Kepulauan Anambas bertengger di atas kaki gunung peroleh jaringan telekomunikasi dan internet (foto istimewa)
banner 120x600

ignnews.id,Anambas-Ridwan salah seorang masyarakat Desa Munjan Kecamatan Siantan Timur Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) mengeluhkan terkait jaringan internet mengalami gangguan, sedangkan pada masa pandemi jaringan internet sangat dibutuhkan terutama bagi anak-anak dalam melaksanakan tugas belajar.

Kata Ridwan, tower yang berdiri sejak tahun 2018 oleh pihak provider melalui Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas sangat membantu masyarakat Desa Munjan dalam melakukan komunikasi, namun beberapa bulan terakhir jaringan telekomunikasi bahkan internet alami gangguan.

“Kita tidak meniadakan pembangunan yang ada telah tersedia. Kami keluhkan saat ini jaringan internet yang kurang memuaskan,” ungkap Ridwan sebagai masyarakat Desa Munjan kepada ignnews.id saat menghubungi, Senin (14/6/2021).

Dirinya mengatakan, untuk memanfaatkan aplikasi whatshap saja tidak bisa apalagi untuk menguploud data bahkan telekomunikasi pun sudah sulit. Ia merasa iba ketika melihat sejumlah anak-anak sekolah yang akan menggunakan jaringan internet dalam keperluan proses belajar.

“Saya lihat anak-anak harus mendaki gunung untuk mendapatkan jaringan internet. Mudah-mudahan dengan keluhan saya ini akan ada solusi dari pihak terkait,” ujarnya.

Ridwan menerangkan, jaringan internet ketika diatas gunung didapatkan dari tower yang berada di Desa Air Asuk dengan provider Telkomsel, sedangkan di Desa Munjan sendiri dirinya tidak mengerti secara pasti provider mana yang digunakan.

“Saya harapkan agar tim provider segera meninjau apa permasalahan yang terjadi sehingga jaringan internet di Desa Munjan mengalami gangguan,” pintanya.

Ia menceritakan, pada tahun 2018 tower ini hanya untuk telekomunikasi saja dan tidak bisa memanfaatkan jaringan internet. Berganti tahun 2019 tower tersebut bisa diakses jaringan internet bahkan semua aplikasi bisa di akses, kemudian berjalannya waktu di tahun 2021 jaringan internet tidak bisa diakses bahkan jaringan telekomunikasi pun mengalami gangguan.

“Awal mulanya lancar tapi kini sulit dijelaskan. Tentu kami sangat berharap kepada pihak yang kompeten dapat memberikan solusinya.

Lanjut dia, jaringan wifi yang ada di Kantor Desa Munjan kini sudah tidak bisa diakses secara maksimal. Masyarakat sangat terbatas menggunakan jaringan internet saat ini, jika ada keperluan mendadak atau penting, pasti akan mendaki gunung untuk peroleh jaringan tersebut.

“Mudah-mudahan akan ada solusi yang terbaik bagi masyarakat Desa Munjan,” tutup dia. (Fendi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *