Mendorong Peningkatan Akuntabilitas dan Kinerja Pemerintah, Balitbangpeda Launching Inovasi Siantan Anambas

Foto Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Anambas
banner 120x600

IGNNews.id,Anambas-Menindaklanjuti amanat Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 88 Tahun 2021 tentang Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah, Bappeda Kabupaten Kepulauan Anambas telah menginisiasi dan merancang suatu inovasi yang bertujuan untuk mempermudah proses pengukuran dan evaluasi terhadap akuntabilitas kinerja pemerintah. Inovasi ini merupakan salah satu langkah strategis yang dilakukan untuk mempercepat pelaksanaan Reformasi Birokrasi menuju pemerintahan yang bersih, akuntabel, serta berorientasi pada pelayanan publik.

Acara launching Inovasi Siantan Anambas (Sistem Informasi Akuntabilitas dan Kinerja Permerintahan Kab. Kep. Anambas) ini dilaksanakan di Kantor Bupati Kepulauan Anambas, Jumat, 26 Agustus 2022, yang dipimpin langsung oleh Asisten Administrasi Umum Kab. Kep. Anambas, Andi Agrial, S.Pd.

Pada acara dimaksud, Asisten Administrasi Umum menyampaikan bahwa keberadaan Inovasi Siantan Anambas adalah sangat penting dalam rangka memastikan bahwa pelaksanaan pemerintahan telah dilaksanakan sesuai dengan dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021 – 2026.

Pada kesempatan yang sama, Fungsional Perencana Ahli Muda Bappeda, Sdr. Azman Syah, S.IP., menyampaikan bahwa proses pembangunan inovasi sistem informasi SAKIP yang diberi nama Siantan Anambas ini telah dikembangkan sejak tahun 2021, dan terus dilakukan pengembangan dengan menambahkan beberapa fitur agar aplikasi Siantan Anambas semakin akomodatif dalam mendukung penilaian SAKIP di Pemerintahan Kabupaten Kepulauan Anambas.

“Kami bersyukur bahwa inovasi ini telah banyak membantu terkait pengelolaan informasi kinerja pemerintah daerah dalam satu tahun terakhir,”ucap Azman.

Pengembangan aplikasi Siantan Anambas yang berbasis web ini telah sejalan dengan amanat Menpan RB untuk mengoptimalkan pemanfaatan teknologi sistem informasi dalam penyelenggaraan pemerintahan di daerah.

Di tempat terpisah, Kepala Bappeda Kab. Kep. Anambas Adies Saputra, S.IP., M.Si., menyampaikan bahwa Bappeda akan terus melakukan langkah-langkah strategis dan inovatif menuju Kab. Kep. Anambas sebagai kabupaten maritim terdepan yang berdaya saing, maju, dan berakhlakul karimah.

“Semoga keberadaan inovasi Siantan Anambas dapat terus dikembangkan kedepannya dan memberikan kemanfaatan sebagaimana diharapkan” tutup Adies. (rilis Balitbangpeda)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *