Beranda Kepri Anambas Menggenal Alat Musik Gendang Siantan

Menggenal Alat Musik Gendang Siantan

243
0
Foto pemain musik Siantan, Anambas (foto istimewa)

Ignnews.id,Anambas-Hari musik Nasional merupakan hari peringatan hari musik di Indonesia yang jatuh pada setiap tanggal 9 Maret, disamakan dengan hari lahir pahlawan nasional Wage Rudolf Soepratman.

Dihari musik Nasional ini tim ignnews.id mengulik tentang alat musik tradisional yang ada di Kabupaten Kepulauan Anambas berupa alat musik Gendang Siantan.

Alat musik Gendang Siantan merupakan alat musik merupakan seni musik dan tari yang berasal dari kreatifitas orang-orang Melayu Siantan Anambas. Kesenian Gendang Siantan diperkirakan telah ada sejak abad ke 13.

Baca Juga:  Danlanal Tarempa Sertijab Di Lantamal IV

Kesenian ini pada mulanya dimainkan untuk menyambut kedatangan tamu yang dihormati. Alat musik yang digunakan pada masa awal kemunculan Gendang Siantan adalah dua buah gendang panjang dan sebuah gong.

Samad selaku pelaku seni KKA mengatakan, alat musik ini akan dikenalkan kepada para turis-turis yang datang ke Anambas dan untuk perencanaan ke depannya akan dibuat acara festival musik tradisional.

“Alat musik Gendang Siantan ini rencananya akan dibuat festival namun sampai sekarang belum dapat terlaksana dikarenakan pandemi covid-19, mungkin jika covid-19 sudah selesai kita akan merealisasikan acara festival tersebut dan mengenalkannya ke turis-turis yang datang,” kata Samad pada saat di hubungi ignnews.id, Rabu (10/3/2021).

Baca Juga:  Mesin PLTD Letung Rusak Warga Gerah

Alat musik dengan diameter 40-45cm ini juga disebut Gendang Tabok. Gendang Tabok ini didampingi dengan alat musik lainnya pada saat dimainkan seperti canang dan cule atau biola.

“Gendang Tabok salah satu alat kesenian Anambas,” tutur dia. (Thalia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here