Beranda Headline Menhan Berencana Mendirikan Kodam di Provinsi Kepri

Menhan Berencana Mendirikan Kodam di Provinsi Kepri

77
0
Prabowo Subianto selaku Menteri Pertahanan RI (ft-suara.com)

IGNNews.id,Kepri-Selain berencana melengkapi alat komunikasi ke Babinsa sehingga Presiden RI nantinya dapat berbicara langsung, Menhan Prabowo Subianto juga berencana mendirikan Kodam di setiap provinsi, termasuk Kepri.

Selain Kodam, Menhan juga berencana mendirikan Kodim di setiap kabupaten/kota dan Koramil di kecamatan. Nantinya Kodim akan mengendalikan batalion tempur di masing-masing teritorialnya.

“Sebagai Menhan, saya berencana membangun kekuatan, kami merancang Kodam harus diperkuat. Saya sedang usulkan. Kodam itu nanti harus satu provinsi satu Kodam, berarti nanti ada 34 Kodam,” kata Prabowo, seperti dilansir┬áCNN Indonesia,┬áJumat (27/1/2023).

Kata dia, rencana tadi lantaran terdapat wilayah di Tanah Air belum memiliki personel TNI seperti di Kalimantan. Selebihnya Prabowo berjanji melengkapi Babinsa dengan sepeda motor dan alat komunikasi guna kepentingan operasional.

“Bahkan Presiden pun bisa ngomong langsung dengan Babinsa nanti,” tekad Prabowo. Sebagai informasi, secara militer, Kepri masih menginduk ke Kodam I Bukit Barisan di Medan, dengan Korem 033/Wira Pratama menjadi kesatuan teritorial tertinggi. Danrem berpangkat Brigjen lantaran status wilayah perbatasan.

Jika terealisasi Kodam, Kepri bakal kebanjiran jenderal setelah Pangkoarmada I berpindah ke Tanjungpinang dari Jakarta menyusul pemekaran Koarmada RI. Lakda Erwin menakhodai Koarmada I bermarkas di bekas Lantamal Tanjungpinang, dan Lantamal ke Batam. Pati tertinggi di Kepri ialah Pangkogabwilhan I, yakni Laksdya Irvansyah.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here