Beranda Kepri Anambas Meskipun Hujan, Bupati Anambas Hadiri Acara Pelatihan Peningkatan Kapasitas SDM Pariwisata dan...

Meskipun Hujan, Bupati Anambas Hadiri Acara Pelatihan Peningkatan Kapasitas SDM Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

325
0
Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris, SH saat menyampaikan pidatonya (foto ignnews.id)

ignnews.id,Anambas-Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris,SH menghadiri acara pelatihan peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) pariwisata dan ekonomi kreatif tingkat dasar tahun 2021, Pasir Panjang, Desa Landak, Kecamatan Jemaja, Kabupaten Kepulauan Anambas, Provinsi Kepri, Rabu (24/11/2021).

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayan Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) Dr. Masykur, pembukaan pelatihan bidang pariwisataan yang di selenggarakan oleh pemerintah (KKA) dalam hal ini Dnas Pariwisata dan Kebudayaan (KKA).

Penetapan pariwisata berdasarkan Peraturan Bupati (KKA) No. 38 tahun 2019 merupakan perhujudutan dari salah satu strategi dalam pembangunan ekonomi di wilayah (KKA), dan sebagai daerah maritim yang memiliki pulau-pulau pesisir dan memiliki daerah distinasi parawisata yang baik artinya peluang pengembangan ekonomi kerakyatan sangat baik untuk di capai.

“Untuk mendorong parawisata yang terdampak ekonomi maka itu kita trus mendorong pembangunan pariwisata agar berjalan semestinya dan bisa membantu perekonomian masyarakat, dana alokasi fisik non fisik bidang pariwisataan di tujukan untuk meningkatkan kemampuan pemberdayaan manusia di bidang pariwisata, yaitu masyarakat lokal di daerah distinasi wisata,” kata Masykur selaku Kadisparbud KKA, Rabu (24/11/2021).

Baca Juga:  Gubernur Kepri Bahas Pemulihan Ekonomi Bersama Pemkab Anambas

Menurutnya, peningkatan kebudayaan manusia dilakukan melalui dibidang pariwisata keterlapiran manusia berpotensi berdasarkan standar kerja nasional Indonesia manejemen dan pengelolaan usaha. Jenis pelatihan berdasarkan daerah dan sasaran peserta pelatihan adapun rincian pelatihan di tahun 2021 ini pertama pengelolaan desa wisata kedua pelatihan globalisasi dan pelatihan pengelolaan sampah disnasi wisata sudah di lakukan di bulan Agustus yang lalu di desa Belibak dan pada bulan November ini di Desa Landak di laksanakan yaitu pengelolaan bisnis dan pemasaran dan pelatihan inovasi dan sajian kuliner di desa wisata Desa Landak.

“Pada kesempatan ini juga dalam upaya memberikan kemudahan kepada calon wisatawan yang akan berkunjung ke kabupaten kepulauan Anambas, dinas pariwisata dan kebudayaan telah membuat satu aplikasi yang di beri nama ikorat yang di dalamnya terbuat berbagai informasi tentang wisata seperti hotel, restoran yang ada di kabupaten kepulauan Anambas,” jelas dia.

Baca Juga:  Demokrat Pinang Sambangi Polres Mohon Perlindungan Hukum

Aplikasi ini adalah inisiatif dari dinas pariwisata dan kebudayaan dalam memberikan pelayanan kepada parawisawan yang hendak berkunjung seiring dengan era digitalisasi yang sedang berkembang di saat ini.

Adapun maksud pelatihan ini adalah mengembangkan kebudayaan manusia yang berkualitas di bidang pariwisata dalam bermacam keterampilan dengan tujuan dapat meningkatkan mutu, pengetahuan dalam peningkatan kapasitas peserta di wilayah wisata kabupaten kepulauan Anambas.

Sementara itu, Abdul Haris,SH selaku Bupati Kepulauan Anambas mengatakan, saat ini dengan adanya peningkatan kapasitas SDM pariwisata dan ekonomi kreatif tingkat dasar maka pemerintah daerah terus berupaya melakukan inovasi dalam mendorong pembangunan pariwisata anambas kedepannya lebih baik.

Baca Juga:  Selama Pandemi, Penjualan Sepeda Lipat Turun 80 Persen

“Anambas ini memiliki 255 pulau, kita mesti terus membangun pariwisata. Hal ini tidak seperti membalikkan telapak tangan. Contoh, hari ini kita rencanakan 1 sampai tiga tahun baru bisa jalan. Kita perlu kesabaran dan kita terus memperjuangkan sampai seluruh masyarakat Indonesia tahu anambas itu adalah tempatnya yang paling pas dan cocok untuk pariwisata dan kita akan mempersiapkan sumberdayanya,” kata dia.

Dikatakan dia, karena hari ini yang berkompeten lebih maju ke depan adalah para anak-anak muda. Oleh karena itu anak muda harus memiliki semangat yang tinggi dalam mewujudkan suksesnya pariwisata anambas yang cemerlang.

“Saya dan masyarakat Kabupaten Kepulauan Anambas berharap dukungan penuh kepada pemerintah pusat untuk membantu dalam mewujudkan anambas sebagai destinasi wisata yang cemerlang. Kami memiliki potensi wisata yang besar dan pilihannya beragam,” tutur dia. (Fnd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here