Beranda Kepri Anambas Murid SD Saja Peduli Dengan Sampah, Anda?

Murid SD Saja Peduli Dengan Sampah, Anda?

89
0
Murid SDN 001 Tarempa saat belajar melakukan pengolahan sampah di Anambas (foto ignnews.id)

Ignnews.id,Anambas-Bertepatan dengan Hari Peduli Sampah Nasional, SDN 001 Tarempa mengadakan kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan pengelolaan sampah. Adapun kegiatan yang dilakukan yaitu sosialisasi tentang Ekobrik, Pembuatan Eko enzim, membuat Kerajinan tangan dari barang bekas, dan Penanaman Bibit tanaman.

“Kegiatan ini dilakukan untuk melatih anak-anak sejak dini, tentang bagaimana pengelolaan sampah dan barang-barang bekas. Hal ini dilakukan untuk mengurangi sampah-sampah yang setiap hari nya dapat kita jumpai. Minimal meminimalisirkan sampah-sampah yang kita buang setiap hari,” ungkap Riawati selaku Kepala sekolah SDN 001 Tarempa Kecamatan Siantan, Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) Jum’at (26/02/2021).

Baca Juga:  Musrenbang Kute Siantan Terkait RKPD Telah Berlangsung

Setiap siswa melakukan pengelolaan sampah yang mereka bawa dari rumah masing-masing. Seperti kegiatan yang dilakukan siswa yaitu membuat Eko enzim hand sanitizer. Yaitu dengan meracik sampah kulit pisang dan kulit jeruk. Kemudian di haluskan dan dicampur gula dengan takaran yang sesuai.

Sementara kegiatan Ekobrik yaitu memasukan sampah-sampah plastik yang sudah di potong mengecil dengan gunting lalu diisi dalam botol hingga memadat lalu ditimbang hingga sesuai dengan timbangan yang telah ditentukan.

“Kemudian juga ada kegiatan membuat kerajinan tangan dari barang bekas yaitu seperti sampah plastik diolah menjadi bunga dan benda-benda lainnya yang bisa dijadikan pajangan atau hiasan. kegiatan ini dilakukan untuk pengurangan sampah plastik di Masyarakat,” jelasnya.

Baca Juga:  Masa Depan Polri PRESISI dan Hak Asasi Manusia

Riawati juga mengatakan, semua kegiatan ini akan diadakan pameran pada Sabtu, 6 Maret 2021. Yaitu Pameran semua Kerajinan tangan serta akan ada bazar Makanan Tradisional. Termasuk pemantauan terhadap penanaman bibit tanaman seperti daun saledri yang ditanam sendiri oleh siswa.

“Dengan kegiatan ini, diharapkan bisa menumbuh kembangkan pemikiran anak dalam pengelolaan sampah. Sekaligus melatih cara pengelolaan sampah yang benar dengan harapan sampah di kalangan masyarakat bisa berkurang,” pungkas dia. (Ririn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here